INFO

Dekranasda Kalteng Siapkan Kelurahan Sei Gohong sebagai Sentra Kerajinan Getah Nyatu

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kalimantan Tengah , mempersiapkan Kelurahan Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu sebagai sentra kerajinan Getah Nyatu .
Langkah strategis ini dilakukan untuk menyikapi tingginya minat masyarakat dalam membeli suvenir getah nyatu, baik yang berasal dari dalam maupun luar Kota Palangka Raya.

Saat dikomfirmasi melalui telepon, Sekretaris Camat Bukit Batu Sri Utomo, Rabu (21/10/2020) mengatakan, pihaknya sangat mendukung kegiatan tersebut, yang mana sudah sesuai dengan visi dan misi Walikota Palangka Raya, yaitu Smart Economy.

Hal ini mengingat Kelurahan Sei Gohong sejak dulu banyak di jumpai pohon Getah Nyatu, disamping itu juga dengan menjadikan Sei Gohong sebagai sentra kerajinan getah nyatu, tentu akan mendukung keberadaan Destinasi wisata unggulan yang ada seperti pulau kaja ,Sei batu dengan air hitamnya.

“Harapan kami setelah kegiatan pembinaan ini, pihak terkait dapat memberikan bantuan peralatan, permodalan serta pemasaran sehingga ke depan mampu berimbas pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,”tuturnya.

Sebagai langkah awal persiapan pengembangan dan perluasan produk kerajinan dari getah nyatu ini, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Aster Bonawaty SH.MH di dampingi Ketua Harian Dekranasda Prov Kalteng Ny Adiah M Hatta telah melaksanakan kegiatan pembinaan Industri kecil menengah dengan harapan menjadikan Warga Kelurahan Sei Gohong menjadi perajin getah nyatu yang produktif dengan produk yang khas.

Di sisi lain, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dalam bidang perekonomian warga yang tengah menurun akibat pandemi covid-19 , juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang ingin melihat secara langsung pengolahan getah nyatu menjadi kerajinan tangan yang unik sekaligus menikmati keindahan alam di Kelurahan Sei Gohong. ( MC. Isen Mulang /Ridho/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*