INFO
Depot Arsip, Solusi Pengelolaan Arsip

Depot Arsip, Solusi Pengelolaan Arsip

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Permasalahan yang kerap dihadapi, dalam pengelolaan kearsipan daerah, tidak lain banyaknya berkas-berkas yang menumpuk. Hal itu dikarenakan belum adanya gedung khusus untuk menyimpan arsip-arsip penting tersebut.

“Dengan adanya gedung depot arsip yang merupakan eks Kantor Balitbang di Jalan Tjilik Riwut Km 5,5, diharapkan pengelolaan arsip milik Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya, dapat maksimal dilakukan,”ungkap Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin, Kamis (3/12/2020).

Lebih lanjut Fairid menyampaikan pentingnya pengelolaan arsip dilakukan dengan baik. Terlebih dengan adanya keberadaan depot arsip, seridakny carut marut dalam pengelolaannya arsip tidak terjadi lagi.

“Nah, semua OPD bisa memanfaatkan depot arsip yang ada.Terutama menyerahkan berkas-berkas yang sudah berusia 5 hingga 10 tahun,”ujarnya.

Pemanfaatan depot arsip sambungnya, juga berlaku bagi penyelenggara pemerintahan di kecamatan dan kelurahan, agar segera menyerahkan berkas yang sudah berusia 5 sampai 10 tahun.

Sementara itu, dengan adanya pengelolaan arsip yang baik, akan menjadi salah satu penilaian good government, dalam hal penyelengaraan tata kelola pemerintahan yang baik

“Hari ini kita patut bersyukur Gedung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) di Jalan Diponegoro serta Gedung Depot Arsip eks Balitbang Km 5,5 di Jalan Tjilik Riwut telah kami resmikan,”pungkas Fairid usai meresmikan kedua fungsi gedung tersebut di Jalan Diponegoro (Gedung DPK red). (MC. Isen Mulang.1/prokom/mt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*