INFO
Dewan Dukung Penangkaran Rusa di Tumbang Talaken

Dewan Dukung Penangkaran Rusa di Tumbang Talaken

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pengembangan penangkaran rusa yang mengambil lokasi di Tumbang Talaken, terus digiatkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya.

Upaya tersebut mendapat dukungan dan apresiasi positif dari banyak pihak termasuk dari kalangan wakil rakyat.

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Nenie A Lambung mengatakan, sektor peternakan dan pertanian di Palangka Raya, sejatinya harus  terus digiatkan.

“Sektor peternakan adalah salah satu potensi yang selama ini kurang dikembangkan, baik itu dari pemerintah, pihak swasta dan masyarakat sendiri,” kata Nenie, Minggu (28/4/2019).

Menurutnya, kebijakan dari wali kota Palangka Raya untuk mengembangkan penangkaran rusa sudah cukup baik.

“Sekarang sudah ada puluhan ekor rusa di penangkaran Tumbang Talaken. Nah, ini sudah cukup baik,” sebutnya.

Nenie melanjutkan, jika pengembangan penangkaran rusa ini dapat berkembang, maka diyakini dapat mendongkrak perekonomian daerah. Tidak hanya itu saja, apabila penangkaran rusa tersebut pengelolaannya berjalan sukses, maka dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata daerah, maupun perekonomian warga sekitar penakaran yang ikut terimbas dampak positifnya.

“Selain ada dampak positifnya, tentu tak kalah penting pendapatan asli daerah bakal meningkat. Sektor ekonomi dan jasa bagi masyarakat sekitar penangkaran juga akan bertumbuh, ”imbuh Nenie.

Terpisah Kasi Perbibitan dan Produksi Ternak pada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Palangka Raya, Hastuti Sinaga menjelaskan,  jika saat ini telah terdapat 33 ekor rusa yang hidup pada penangkaran seluas 25 hektar di Tumbang Talaken.

“Kedepan, tempat penangkaran ini bakal dijadikan sebagai tempat agrowisata dan edukasi,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*