TERKINI

Dideteksi Sejak Dini Gangguan Kesehatan, Dinkes Kota Melakukan Screening Kesehatan

Dideteksi Sejak Dini Gangguan Kesehatan, Dinkes Kota Melakukan Screening Kesehatan.MEDIA CENTER – Palangka Raya, Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya mengadakan periksa kesehatan gratis untuk pegawai dikalangan Pemerintah Kota Palangka Raya, di Lobi Badan Perencanaan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), Kota Palangka Raya, Jumat Pagi (30/04/2021).

Kepala Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (PTM dan Keswa), Harta mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, menyampaikan, “Melalui pemeriksaan ini, diharapkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan bisa dideteksi sejak dini. Tes ini sekaligus berguna untuk merencanakan metode penanganan dan pengobatan yang tepat sebelum penyakit berkembang”.

“Kegiatan ini ada rencananya di 11 tempat yang akan dilakukan selama dalam periode tahun 2021, dan sudah berjalan pemeriksaan di Dinas Pendidikan, Panti Jompo di Tangkiling dan hari ini tempat yang ke-3 yaitu di kantor Walikota Palangka Raya” ungkap Harta.

“Kegiatan ini ada rencananya di 11 tempat, yang mempunyai target minimal 100 orang per 1 tempat dan akan dilakukan selama dalam periode tahun 2021, yang sudah berjalan pemeriksaan di Dinas Pendidikan, Panti Jompo di Tangkiling dan hari ini tempat yang ke-3 yaitu di kantor Bapedalitbang Kota Palangka Raya” ungkap Harta.

Pemeriksaan meliputi cek gula darah, kolesterol, asam urat, dan dilakukan juga pemeriksaan berat badan, tinggi badan, serta lingkar perut. Kegiatan ini juga sekalian mengedukasi pegawai yang ketika diperiksa didapati hasil pemeriksaan yang gula darah, kolesterol dan asam urat yang diatas ambang normal. Edukasi meliputi penjelasan langkah-langkah yang harus dilakukan dan pemberian brosur tentang makanan yang dianjurkan dan makanan yang dihindar. (MC. Isen Mulang/BambangW/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*