INFO
Dinas Dukcapil Kota Palangka Raya Sebagai Pilot Projek  UPP

Dinas Dukcapil Kota Palangka Raya Sebagai Pilot Projek  UPP

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna meningkatkan penerapan sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik- layanan aspirasi pengaduan online rakyat (SP4N-LAPOR),  Kementerian PAN RB, Kantor staf Presiden dan Ombudsman RI, bekerjasama dengan USAID Cegah menyelenggarakan program penguatan SP4N LAPOR pada 33 Pilot Projek di Indonesia, salah satu yang terpilih Pemerintah Kota Palangka Raya,

Hal itu disampaikan oleh Ajie Ginanjar dari B-trust ketika menjadi narasumber pada pelatihan  dan sosialisasi SP4N-LAPOR versi 3,0, Rabu (26/6/2019) di ruang rapat Peteng Karuhei II Kantor Walikota Palangka Raya.

Pilot projek tersebut adalah membentuk Unit Penanganan Pengaduan (UPP). USAID Cegah melalui B-trust pada awal tahun 2018 telah melakukan survei pada beberapa SOPD penyelenggara pelayanan publik di lingkup Pemerintah kota Palangka Raya.

Hasilnya UPP Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palangka Raya terpilih menjadi Pilot Project, dengan pertimbangan bahwa sejak tahun 2017 Disdukcapil sudah ada UPP,  ungkap Ajie.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Dukcapil Kota Palangka Raya Zulhikmah Ravieq memaparkan hasil pendampingan oleh B-trust,   yang sudah dilakukan yakni bimbingan dalam penyusunan regulasi UPP,  SK. Tim Pengaduan, SOP pengaduan, standar pelayanan pengaduan serta melaksanakan pelatihan untuk Tim UPP dan front office.

Selama pendampingan oleh B-trust dibantu dan dibimbing secara profesional bahkan segala pembiayaan semua ditanggung USAID Cegah, untuk itu kami sampaikan terima kasih ungkap Zulhikmah. (MC.  Isen Mulang/tina)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*