INFO

Dinas Koperasi dan UKM akan Pilih Satu Koperasi Jadi Distributor Produk UKM

MEDIA CENTAR, Palangka Raya – Saat ini Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Palangka Raya sedang melakukan penilaian terhadap koperasi yang masih aktif.

Namanya penilaian koperasi sehat yang berprestasi. Dalam penilaian ini ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi koperasi agar memperoleh kategori sehat berprestasi.

Di antaranya melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tepat waktu, keaktifan organisasinya, tertib administrasi, dan jenis usaha yang dikembangkan cukup potensial untuk dikembangkan.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie dalam penilaian ini semua koperasi yang bergerak dibidang apapun, termasuk simpan pinjam bisa ikut penilaian asalkan bisa membuka peluang usaha baru.

Dalam penilaian ini Dinas Koperasi dan UKM Kota Palangka Raya hanya akan memilih satu koperasi berprestasi. Selanjutnya koperasi tersebut akan diarahkan menjadi semacam distributor khusus menjual produk lokal ke beberapa produsen berkelas seperti hotel dan pusat perbelanjaan besar.

Adapun produk UKM yang bisa dihimpun koperasi ‘sehat’ untuk dijual ke pasar misalnya daging ayam, ikan, gula, dan juga bisa disalurkan ke hotel dan restoran, Afendie memastikan harga yang dijual oleh koperasi nanti sama dengan harga pasar, cuma bedanya diantar di tempat tanpa harus cape-cape pergi ke pasar tutur Afendie, Senin (8/5/2017).

Penilaian koperasi berprestasi ini akan diumumkan saat HUT Kota Palangka Raya pada 17 Juli 2017 mendatang dan bagi yang juara akan diberikan penghargaan dari walikota.

Diketahui, saat ini di Kota Cantik Palangka Raya tercatat ada 254 unit koperasi dan 56000 unit UKM. “Saya harapkan nantinya di Palangka Raya ini ada rumah produksi bagi UKM dan koperasi yang menjual produk-produk lokal,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*