INFO
Dinas Perikanan Ingatkan Warga Tangkap Ikan dengan Bijak

Dinas Perikanan Ingatkan Warga Tangkap Ikan dengan Bijak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Perikanan setempat, mengimbau  masyarakat tidak menangkap ikan dengan cara menyalahi aturan.

“Ya, kita ingatkan masyarakat untuk bijak saat menangkap ikan di sungai atau di danau yang ada di wilayah Kota Palangka Raya,”ungkap Plt Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Renson, Selasa (20/8/2019).

Menurutnya tata cara menangkap ikan seperti menggunakan racun atau setrum sangat dilarang. Karenanya bagi siapapun nyang melanggar akan berhadapan dengan hukum.

“Menggunakan racun atau setrum tidak hanya berdampak terhadap habitat atau populasi ikan, melainkan akan mengancam  terjadinya kerusakan lingkungan,”ucapnya lagi.

Karena itulah lanjut Renson, pihaknya selalu mengingatkan sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam mencari ikan. Bahkan alangkah baiknya lagi, masyarakat bisa ikut mengawasi sungai dan danau dari upaya pengrusakan ataupun cara menangkap ikan yang bersifat illegal.

“Ini semua ada ketentuan yang mengatur, yakni Undang-undang Nomor 31/2004 tentang perikanan,” sebutnya.

Lebih lanjut Renson mengingatkan, agar masyarakat yang bermata pencaharian sebagai nelayan tangkap, harus mencari ikan dengan menggunakan peralatan yang  tidak merusak lingkungan atau alat yang ramah lingkungan.

Cara menangkap dengan meracun atau menyetrum tentu akan berdampak pada ekosistem dan perkembangbiakan populasi  ikan.

“Ini yang terus kami sosialisasi kepada masyarakat terkait tata cara menangkap ikan yang baik, tanpa harus mengarah pada  ilegal fishing yang bisa berdampak terhadap lingkungan,” tukasnya.

Penguatan sosialisasi lanjut Renson juga dimaksudkan agar masyarakat mengetahui sanksi atau hukum yang diberlakukan manakala ada terjadinya tata cara menangkap ikan diperairan sungai atau danau yang salah.

“Semu ini tentu diiringi dengan  penguatan  pengawasan, terhadap semua aktivitas-aktivitas masyarakat dalam  menangkap ikan diperairan sungai atau danau,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*