INFO
Dinas Perpustakaan dan Arsip Lakukan Visitasi Pengelolaan Arsip ke Diskominfo Kota Palangka Raya

Dinas Perpustakaan dan Arsip Lakukan Visitasi Pengelolaan Arsip ke Diskominfo Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER,  Palangka Raya –  Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya melakukan visitasi tentang pengelolaan arsip pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Senin (22/7/2019).
 
Kegiatan ini dalam rangka melakukan koordinasi dan persamaan persepsi tentang pentingnya pengelolaan arsip pada suatu organisasi atau lembaga yang mengelola dan menyimpan kumpulan naskah atau dokumen penting yang nantinya akan diperlukan lagi.
 
Visitasi dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya berjumlah 4 (empat)  orang diantaranya, Yusianto,SP Kasi Pembinaan Perangkat Daerah sekaligus sebagai juru bicara, Selamet Riadi Kasi Pengelolaan Arsip, Sirajudin Noor, S, Sos Kasi Pembinaan Ormas Orpol dan Masyarakat, serta Arice Sandrayathi, AP,  M.Si Pelaksana pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya.
 
Visitasi ini diterima langsung oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Drs. Aratuni, MT di ruang kerjanya yang didampingi oleh Sekretaris, Kepala Bidang, Kasubag dan Kasi pada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya.
 
Yunianto, SP katakan berdasarkan UU Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan menyebutkan bahwa Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
 
Mengingat pentingnya pengelolaan arsip maka perlu dilakukan sinergitas dan memadukan persepsi dan kerjasama dalam mengelola arsip yang dulunya masih bersifat konvensional, seiring dengan kemajuan teknologi informasi maka pengelolaan arsip secara digital sangat diperlukan, ungkap Yunianto.
 
Kedepan diharapkan Diskominfo dapat menfasilitasi untuk pengelolaan arsip secara digital sehingga dapat diakses oleh masyarakat yang membutuhkan secara mudah.
 
Kabid E-Goverment Diskominfo Statistik dan Persandian, Fabianus,SH,M.Si katakan bahwa dari Diskominfo siap untuk bekerjasama dan bersedia untuk memfasilitasi dalam hak penyediaan infrastruktur jaringan dan untuk penyimpanan data di server yang dikelola oleh Diskominfo, sedangkan untuk aplikasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan arsip secara digital agar Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Palangka Raya mempersiapkan dan tentunya dipersiapkan juga regulasi dan pembagian tugas atau SOP nya begitu juga kesiapan SDM nya, pungkas Fabianus. (MC. Isen Mulang/win)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*