INFO
Dinas Sosial Palangka Raya Beri Pendampingan ABK

Dinas Sosial Palangka Raya Beri Pendampingan ABK

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Gelak tawa dan sumringah nampak terlihat pada wajah-wajah puluhan bocah, pada sebuah tenda berukuran besar.

Senyum mengembang yang dibalut dengan senda gurau itu tidak lain sisi dari kegiatan bimbingan psikologi anak yang dilaksanakan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Palangka Raya, Selasa (9/7/2019), di halaman kantor Dinsos setempat.

Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya Akhmad Fauliansyah mengatakan, kegiatan bimbingan psikologi anak, merupakan bagian dari upaya pendampingan yang dilakukan Dinsos kepada anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) atau disabilitas.

“Ini cara kita membangun semangat dan motivasi bagi anak-anak penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus,” katanya.

Setidaknya lanjut Fauliansyah melalui bimbingan psikologi itu, anak-anak berkebutuhan khusus bisa lebih bersemangat, termotivasi, menumbuhkan keyakinan dan percaya diri  serta efek positif lainnya.

“Bimbingan psikologi kali ini kita berikan terhadap 40 anak berkebutuhan khusus,”ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan ini rutin dilakukan Dinsos setiap dua bulan sekali dengan sasaran anak-anak berkebutuhan khusus yang berbeda-beda.

“Anak berkebutuhan khusus yang hari ini tidak tersasar kegiatan bimbingan psikologi,  maka bulan berikutnya  kita libatkan,”jelasnya.

Selain itu tambahnya,  lokasi kegiatan tidak hanya di kantor Dinsos saja tetapi juga di lokasi lokasi lain secara bergantian.

Sementara itu Staff Bidang Resos Lansia dan Anak Dinas Sosial Kota Palangka Raya Ekha, menambahkan, secara bergiliran anak-anak dari beberapa kelurahan di Kota Palangka Raya akan dilibatkan pada kegiatan bimbingan psikologi ini.

“Secara bergiliran anak-anak dari beberapa kelurahan di Kota Palangka Raya kita beri kesempatan. Karena dalam sekali pendampingan tidak bisa mengcover semua anak,”tuturnya.

“Kebanyakan mereka  adalah anak anak istimewa berkebutuhan khusus yang memang tidak tercover oleh panti asuhan anak,”tambah Ekha.

Diungkapkannya,  kegiatan bimbingan psikologi itu, tidak hanya dilakukan dihalaman Dinsos, tapi juga dilaksanakan ditempat atau lokasi lain. Seperti taman anak, Pesona Alam Lestari, Pusat Buah Misik, Habaring Hurung. Taman wisata Sei Gohong dan lokasi lainnya.

Adapun dari pantauan kegiatan bimbingan psikologi yang dilaksanakan di halaman Kantor Dinas Sosial itu, diisi dengan beragam edukasi serta bermain.

Anak-anak ini ternyata sebagian diantaranya memiliki bakat istimewa.Terlihat seorang anak yang duduk dikursi roda, tanpa sungkan dan minder mendendangkan sebuah lagu. Meski berusia bocah, anak itu tetap merdu membawakan bait-bait lagu dari sebuah album hits artis papan atas saat ini. (Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*