INFO
Dinas Sosial Palangka Raya Launching Bantuan Non Tunai

Dinas Sosial Palangka Raya Launching Bantuan Non Tunai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Sosial Kota Palangka Raya me-launching program bantuan pangan non tunai (BPNT). Launching ini dilakukan di rumah jabatan walikota, Jumat (7/12/2018).

Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya, Akhmad Fauliansyah mengatakan BPNT adalah transformasi dari bantuan sosial beras sejahtera yang diganti menjadi kartu keluarga sejahtera (KKS). Kartu ini berfungsi sebagai ATM untuk mengambil bantuan sosial.

Pelaksanaan program BPNT Kota Palangka Raya dimulai pada Oktober 2018 dengan cakupan penerima manfaat 5.724 kepala keluarga, termasuk penerima program keluarga harapan (PKH).

“Program ini merupakan salah satu program nawacita Presiden Joko Widodo diberikan kepada keluarga miskin dengan tingkat kesejahteraan terendah dengan tujuan mengurangi beban pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dan protein agar tidak mengalami kendala ketersediaan pangan, sehingga mereka bisa beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Fauliansyah menegaskan untuk mensukseskan program penanganan fakir miskin ini maka Pemerintah Kota Palangka Raya menggandeng mitra untuk kerja sama dalam pelaksanaan program BPNT seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, BRI, dan Bulog.

“Jadi setiap kepala keluarga penerima manfaat akan mendapatkan uang Rp110 ribu setiap bulan melalui KKS untuk menukar beras dan telur yang disediakan di agen BPNT,” imbuhnya.

Bagi penerima manfaat program BPNT bisa mengambil bantuan ini melalui 9 E-Warong, 28 Brilink Agen BRI, dan 8 Agen Rumah Pangan Kita milik Bulog.

Dia menambahkan agar program ini tepat sasaran dan tepat waktu, maka dilakukan pendampingan kepada keluarga penerima manfaat melalui pendamping PKH, tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK), dan pekerja sosial masyarakat (PSM). (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*