INFO
Dinas Terkait Diminta Bertindak Tangani Sampah di Drainase

Dinas Terkait Diminta Bertindak Tangani Sampah di Drainase

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Hujan yang hampir setiap hari mengguyur Kota Palangka Raya, baik dengan intensitas rendah, sedang maupun tinggi, ternyata mulai berdampak terhadap keberadaan saluran air atau drainase. 

Dampak itu salah satunya adalah tumpukan sampah yang terbawa arus karena debit air drainase meningkat. 
Salah satunya dapat dilihat pada  saluran drainase induk (pengaringan) yang berada dikawasan Pasar Kahayan Palangka Raya, dimana tumpukan sampah menyumbat pergerakan air drainase.

Arbaen, salah seorang warga yang berada disekitar saluran drainase mengatakan, pemandangan tumpukan sampah selalu terlihat apabila  musim hujan tiba, sebab debit air disaluran air itu akan meningkat.

“Sudah menjadi hal biasa bila lokasi ini selalu menumpuk sampah, karena sebagian besar limbah sampah dari masyarakat terbawa arus air hingga menumpuk disini,” ungkapnya Jum’at (30/11/2018).

Menurut Arbaen, ada baiknya  Pemerintah Kota Palangka Raya melalui instansi terkaitnya segera mengambil tindakan, membersihkan tumpukan tersebut sebelum mengakibatkan banjir maupun tumpukan sampah yang lebih banyak lagi.

“Sampah ini tak bisa larut karena terhalang oleh jembatan yang melintang di drainase. Karena debit air drainase tinggi hingga menyentuh kebagian lantai jembatan. Sebab itu sampah menyangkut” jelasnya.

Kata Arbaen, bila tidak ada upaya membersihkan, maka limbah sampah akan semakin menumpuk dan dikuwatirkan dapat mempengaruhi kekuatan jembatan akibat tidak mampu menahan banyaknya sampah yang tersangkut.

Sementara itu, anggota DPRD Kota Palangka Raya, At Prayer, meminta masyarakat juga ikut segera bergerak mengangkut sampah yang menumpuk di drainase tersebut, sebab tidak hanya mengganggu pemandangan, namun disisi lain sampah yang menumpuk disaluran air itu bisa menjadi tempat berkembang biaknya jentik nyamuk.

“Selain perlunya tindakan dari instansi teknis, maka warga sekitar juga bisa segera ambil tindakan, untuk mengangkut tumpukan sampah yang ada di drainase,” sarannya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*