INFO
Dinsos : Galang Dana Sosial Wajib Kantongi Izin

Dinsos : Galang Dana Sosial Wajib Kantongi Izin

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kota Palangka Raya, Nyta Bianyta Rezza menegaskan, apapun bentuk kegiatan yang bersifat menggalang dana untuk korban bencana, maka wajib mengantongi izin dari Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Lembaga atau organisasi kemasyarakatan, kemahasiswaan, peguyuban, komunitas dan lain-lain yang berniat menggalang dana untuk korban bencana di jalanan, harus mengajukan izin dulu,”tegasnya.

Mengapa harus mengantongi surat izin kata Nyta, tidak lain agar kegiatan penggalangan dana yang dikumpulkan bisa terpantau.

Ia mencontohkan penggalangan dana bagi korban bencana banjir di Kalsel baru-baru ini, dimana banyak sekali komunitas dan organisasi masyarakat yang bersatu menggalang dana kemanusiaan pada titik-titik keramaian.

“Iya, pada saat itu rata-rata semuanya telah memiliki izin dari Pemerintah Kota Palangka Raya,” ujar Nyta, Senin (8/2/2021).

Disampaikan Nyta, kegiatan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) untuk kesejahteraan sosial diperbolehkan asalkan sesuai dengan Undang – Undang nomor 9 tahun 1961 tentang pengumpulan uang atau barang dan peraturan pemerintah nomor 29 tahun 1980 tentang pelaksanaan pengumpulan sumbangan.

Sesuai amanat UU tersebut ditegaskan, setiap pelaksanaan pengumpulan sumbangan dilaksanakan berdasarkan izin dari pejabat yang berwenang. Dengan demikian, dana yang dikumpulkan benar-benar bisa dipertanggungjawabkan dan bebas pungli.

“Adapun prosedur perizinan penggalangan dana di Kota Palangka Raya yakni, harus mendapat rekomendasi dari Dinas Sosial Kota Palangka Raya. Kemudian selanjutnya diterbitkan izin oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Palangka Raya,”sebutnya.

“Ini adalah prosedur. Kami akan melayani secepatnya, dan semuanya gratis, tanpa biaya,”tambah Nyta. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*