INFO
Disdik Harus Pastikan Tidak Ada Pungli  Dalam PPDB

Disdik Harus Pastikan Tidak Ada Pungli Dalam PPDB

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Badan Kehormatan (BK) dewan, yang juga anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Ferry S Lesa meminta  pihak Dinas Pendidikan  (Disdik) Kota Palangka Raya untuk mengawasi sekaligus memastikan jangan sampai ada terjadi pungutan liar (pungli), memasuki penerimaan peserta didik baru (PPDB) pada tingkat SD dan SMP.

“Banyak kekhawatiran, momentum PPDB dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan pungli. Untuk mencegah persoalan tersebut harus ada pengawasan ketat,” ungkapnya, Kamis (4/4/2019)

Menurut Ferry, perlunya pengawasan ketat tersebut, tidaklah berlebihan, karena ketika  sudah ada pungli, baru terkejut untuk melakukan penindakan.

“Pencegahan harus dilakukan mulai dari sekarang. Kalau memang dalam aturan sudah jelas dikatakan tidak memperbolehkan pungutan, maka seyogyanya hal itu harus dilaksanakan,” tegasnya lagi.

Seperti baru-baru ini, lanjutnya, ramai diperbincangkan dimana salah satu sekolah dasar swasta dinilai melakukan pungutan sejumlah uang kepada orang tua siswa didik baru.

Berkaca dari itu kata dia, pihak sekolah dan komite harus bisa memahami aturan terkait sumbangan kepada orang tua siswa, terutama jika terkait dengan dana untuk peningkatan sarana dan prasarana sekolah, yang sangat rawan disalahgunakan.

“Disdik, ataupun Kementerian Keagaman yang membawahi sekolah-sekolah agama, harus ikut mengawasi dan memberikan masukan kepada seluruh sekolah, agar tidak terjadi dalam hal pungutan yang memberatkan,” jelasnya.

Disisi lain, tambah Ferry, hendaknya panitia PPDB harus bisa objektif dalam menerima siswa dan siswi baru. Terlebih pada tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah adalah cikal bakal sumberdaya manusia.

“Intinya jangan sampai ada titipan ataupun memungut uang kepada orang tua diluar aturan yang ada. SDM kita harus sejak dini dipersiapkan baik secara mental maupun ilmu pendidikan yang benar-benar baik,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*