INFO
Dishub Palangka Raya Mulai Terapkan Smart Card KIR

Dishub Palangka Raya Mulai Terapkan Smart Card KIR

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Guna membantu kelancaran, kenyamanan dan keamanan dalam berlalu lintas di jalan raya, Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya bersama pihak terkait, melakukan pemeriksaan fisik dan kelengkapan surat (ram cek), di sekitar Terminal AKAP WA Gara Kota Palangka Raya, Selasa (2/3/2021).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya Alman P Pakpahan didampingi Kabid Angkutan dan Sarana, Hadi Suwandoyo mengatakan, pelaksanaan ram cek terhadap seluruh kendaraan roda empat, baik angkutan barang dan penumpang, dilakukan untuk memastikan kondisi keamanan kendaraan yang digunakan. Dalam hal ini kelaikan dari sisi teknis maupun administratif harus betul-betul dalam kondisi prima.

“Kendaraan angkutan harus benar-benar dipastikan kondisi layak jalannya, sebab kendaraan angkutan ini mengangkut penumpang dan barang dengan jarak yang cukup jauh,”ungkap Alman.

Dalam kesempatan itu Alman mengimbau masyarakat yang memiliki angkutan kendaraan roda empat untuk secara berkala melakukan pengujian kendaraan. Semuanya demi keamanan dan keselamatan di jalan raya.

Sementara itu Hadi Suwandoyo menambahkan, mulai tahun ini pihaknya sudah tidak memberlakukan lagi penggunaan buku uji KIR, yang mana, berdasarkan instruksi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, penggunaan buku uji KIR telah digantikan dengan kartu pintar atau “Smart Card”.

Penggunaan smart card ini jelas dia akan memberikan kemudahan dan mempercepat proses pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor, yang harus dilakukan masyarakat secara berkala. Penerapan smart card ini juga merupakan upaya pencegahan pungutan liar yang terjadi pada saat pengurusan KIR.

“Masyarakat yang plat kendaraannya di luar Kalteng, namun ingin melaksanakan pengujian KIR di Kalteng, maka harus membawa surat rekomendasi dahulu dari Provinsi ataupun Kabupaten asal kendaraan tersebut,”bebernya.

Disampaikan, pengujian KIR ini penting bagi pengendara kendaraan roda empat. Bila kedapatan KIR kendaraannya mati, maka akan dikenakan denda sebesar dua persen dari nilai yang ada di dalam KIR tersebut. (MC. Isen Mulang.1/wspd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*