INFO

Diskominfo Kota Palangka Raya adakan review Cell Plan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Komunikasi,  Informatika, Statistik dan Persandian Kota Palangka Raya melaksanakan rapat membahas review sistem informasi menara telekomunikasi, Kamis (26/10)  di ruang rapat diskominfo

Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Kominfo, Satistik dan Persandian Kota Palangka Raya, Murni. Rapat juga dihadiri oleh perwakilan SOPD teknis,  Kabid dan ASN lingkup diskominfo,  statistik dan persendian.  

Adapun narasumber dalam rapat terkait review cell plan menara telekomunikasi di Kota Palangka Raya Irvan Setijono, dari PT. Total Cipta Mandiri. Rapat ini merupakan rapat lanjutan yang merupakan rangkaian dari kegiatan review SiMentel Kota Palangka Raya. 

Dalam kesempatan tersebut Irvan Setijono menyampaiakan hasil survey yang telah dilakukan oleh tim, dan dari hasil survey di dapati beberapa menara di Kota Palangka Raya memiliki kondisi yg kurang terawat dan perlu pengawasan dari pemerintah daerah, seperti tiang menara yang mulai berkarat, adanya semak belukar, pondasi menara yang mulai retak, sampai dengan belum adanya papan identitas pemilik menara.

Dalam kesempatan itu pula Irvan Setijono juga menyampaikan bahwa review menara yang sedang dilakukan saat ini nantinya akan memiliki konsep harmonisasi, konsep ini sendiri nantinya akan diimplementasikan dalam bentuk kawasan menara yang dibagi menjadi tiga kawasan yaitu kawasan urban, kawasan sub urban, dan kawasan rural. 

Pada masing2 kawasan nantinya akan diatur terkait dengan jenis menara yang di perbolehkan pada masing2 kawasan. Sebagai contoh pada kawasan urban hanya diperbolehkan jenis menara microcell dengan ketinggian maksimal 20 meter dan harus terkamuflase.

Diharapkan dengan adanya review cell plan ini nantinya akan ada peraturan yang mengatur terkait dengan penataan dan konsep menara yang di perbolehkan berdasarkan kawasan serta tercapainya harmonisasi antara tower provider, telco operator dan pemerintah daerah dalam hal pendirian menara khususnya di wliayah Kota Palangka Raya. (MC. Isen Mulang/naijul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*