INFO

Disperindag Latih 30 Ibu Rumah Tangga Membuat Anyam Rotan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Berbagai cara terus dilakukan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Palangka Raya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya dengan cara memberikan pelatihan menganyam rotan dan purun kepada 30 ibu rumah tangga di Kecamatan Bukit Batu, Jumat (28/4/2017). Ke-30 ibu tumah tangga ini merupakan perwakilan dari lima kelurahan. Setiap kelurahan mengikutsertakan lima orang.

Para ibu rumah tangga ini diajari cara membuat berbagai kerajinan tangan seperti tas maupun tikar. Meski baru belajar, namun tangan para ibu-ibu ini dengan cekatan merajut bilahan rotan atau purun untuk dibuat tas, dan kualitas maupun desain dari hasil anyamannya tidak kalah bagusnya dengan yang sudah profesional. Agar hasil anyaman berkualitas, para ibu rumah tangga ini juga dibimbing oleh mentor berpengalaman.

Sang mentor merupakan pengrajin handal dari Palangka Raya. Dipilihnya pelatihan rotan dan purun ini karena usaha yang satu ini termasuk ringan modal dan bahan bakunya cukup melimpah.

“Jika komoditas rotan dan purun ini kita olah menjadi produk bagus dan berkualitas, maka memiliki harga jual yang bagus,” tutur Kepala Disperindag Kota Palangka Raya, Drs Aratuni Djaban.

Pelatihan rotan dan purun merupakan program rutin setiap tahun yang diadakan Disperindag. Sasaran warga yang dilatih selalu berbeda dan wilayahnya selalu bergantian.

Aratuni mengharapkan dengan diadakannya pelatihan ini para kaum ibu rumah tangga menjadi mahir membuat kerajinan, sehingga diharapkan bisa menjadi para pelaku usaha kecil dan menengah yang nantinya bisa membangkitkan perekonomian keluarga dan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*