INFO

DKISP Adakan Bimtek Internal Operator Aplikasi SIMAYA

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Internal Operator Aplikasi Sistem Informasi Adminstrasi Perkantoran Maya (SIMAYA), Selasa (21/11/2017).
 
Dalam Bimtek yang dipimpin Sekretaris DKISP Kota Palangka Raya, Amandus Frenaldi ini semua aparatur sipil negara (ASN) lingkup DKISP Kota Palangka Raya dikenalkan sistem pendokumentasian arsip dan surat menyurat secara digital melalui SIMAYA.
 
Sistem SIMAYA ini tergolong baru, karena sudah versi ke-5. Aplikasi online di proyek perubahan ini adalah inovasi dari Kasubag Umum dan Kepegawaian DKSIP Kota Palangka Raya, Robert Abdul Hadi dalam rangka memenuhi tugas Diklatpim IV.
 
Narasumber Ahmad Reza, S.Kom, Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi DKISP Kota Palangka Raya yang ikut mendampingi Robert Abdul Hadi dalam mengimplementasikan aplikasi ini menjelaskan bahwa melalui SIMAYA V-5 ini pendokumentasian surat masuk dan keluar lebih terstruktur dan rapi dalam bentuk dokumen digital
 
Selain itu dalam aplikasi SIMAYA V-5 ini tampilan yang digunakan untuk menginput data lebih mudah. Si pengguna atau operator juga dengan mudah untuk mengetahui progres data, mulai dari input hingga tindaklanjutnya.
 
Hanya saja untuk tahap awal penggunaan aplikasi SIMAYA ini masih difokuskan untuk proses pengiriman dan penyimpanan surat masuk dan keluar lingkup SKDIP. Jika aplikasi ini sukses, maka bisa diterapkan untuk semua SOPD.
 
Selain digunakan untuk pelayanan surat masuk dan keluar, rencananya aplikasi SIMAYA V-5 ini kedepannya akan dimanfaatkan untuk membuat laporan e-kinerja aparatur sipil negara (ASN) yang akan diintegrasikan ke pemerintah pusat. Aplikasi SIMAYA V-5 ini juga sudah bisa diakses melalui smartphone, aplikasinya dapat diunduh melalui play store. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*