INFO

DKPP Palangka Raya, Akan Bagikan Alsintan Untuk Poktan

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kota, akan segera membagikan  alat dan mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani (Poktan) di kota Palangka Raya.

“Ya, Alsintan ini direncanakan akan dibagikan setidaknya sebelum pelaksanaan Ramadan 2018,” ungkap Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian, DKPP Kota Palangka Raya, Herlambang, Jumat (20/4/2018).

Disebutkan, ada beberapa Alsintan yang merupakan bantuan pemerintah pusat dan sudah berada di DKPP Kota Palangka Raya, yang berupa dua unit hand tracktor, empat mesin pompa air serta beberapa alat tanam padi. Alsintan ini kesemuanya akan dibagikan kepada sejumlah poktan.

“Sebelumnya kita koordinasikan terlebih dahulu dengan para penyuluh pertanian, guna mendata poktan calon penerima bantuan alsintan bantuan kementerian tersebut,”kata Herlambang.
Perlunya pendataan dilakukan mengingat jumlah bantuan Alsintan, terbatas, sehingga nanti benar-benar dibagikan kepada poktan-poktan yang memerlukan, dengan begitu penggunaan alat tepat sasaran. 

Selain itu, nantinya bagi poktan yang sudah menerima Alsintan maka sepenuhnya akan bertanggungjawab, baik dalam penggunaan maupun pengelolaan. Poktan yang menerima bantuan alat tersebut, bisa saja meminjamkan kepada poktan lainnya, sepanjang ada kesepakatan bersama.

“Poktan wajib merawat alat yang diberikan, mereka harus menyisihkan anggaran untuk operasional maupun perawatan. Kami dari DKPP turut mengawasi keberlangsungan alat yang digunakan,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*