INFO

DKISP Launching Layanan Android “Palangkaraya Dalam Genggaman”

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Di waktu yang sama Dinas Komunikasi Informatika, Statistik, dan Persandian (DKISP) Kota Palangka Raya juga melaunching layanan aplikasi android “Palangkaraya Dalam Genggaman”, Jumat (8/12/2017).

Layanan android ini secara resmi diluncurkan oleh Asisten Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Palangka Raya, Rahmadi HN dan dihadiri Kepala DKSIP Kota Palangka Raya Murni, serta Widyaiswara dari Badan Pengebangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalimantan Tengah, Kaharap Rudman. 

Dalam sambutannya Murni menjelaskan yang dimaksud “Palangkaraya Dalam Genggaman” bukan wilayah Palangka Raya yang bisa digenggam dengan tangan, namun bentuk layanan yang diberikan melalui sistem android ini cukup diakses melalui telepon seluler (hand phone).

Sebab dalam satu aplikasi ditampilkan berbagai menu pilihan yang bisa diakses oleh pengguna smartphone. Dalam konten ini setidaknya disediakan aplikasi website resmi milik Pemerintah Kota Palangka Raya yaitu palangkaraya.go.id.

Ada pula aplikasi email resmi, kemudian perizinan online milik dinas PTSP, mediacenter.palangkaraya.go.id, layanan SMS SALAM, dan Slikop (Usulan Publik Operasional dan Pemeliharaan) atau layanan khusus yang menampung usulan masyarakat misalnya usulan pembangunan dan pemeliharan jalan lingkungan, drainase dan Jembatan titian.

Untuk bisa mengakses aplikasi ini pengguna smartphone cukup mengunduh melalui play store dengan kata kunci “palangkaraya dalam genggaman”. Layanan ini merupakan hasil karya dari Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya Dan Pelayanan Publik pada DKISP Kota Palangka Raya, Slamet Setiawan, S.Kom, M.Eng untuk memenuhi tugas Diklatpim IV. 

Slamet Setiawan, menjelaskan untuk jangka menengah dan panjang, nantinya dalam aplikasi ini akan dimasukan berbagai Layanan Publik milik Pemerintah Kota Palangka Raya. Jadi dalam satu aplikasi android “Palangkaraya Dalam Genggaman” ini banyak memuat Layanan Publik, sehingga lebih praktis dan efisien dalam tampilan di layar smartphone.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala DKSIP Kota Palangka Raya, Murni menyambut baik dengan diluncurkannya layanan android ini. Dia menyebut diluncurkannya layanan ini sebagai bentuk pemerintah daerah dalam mengimplementasikan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan sebagai salah satu indikator Pemerintahan yang cerdas (Smart Government) untuk menuju Palangka Raya Smart City. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*