INFO
Dongkrak Kunjungan Wisata Lewat Event

Dongkrak Kunjungan Wisata Lewat Event

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Penyelenggaraan berbagai event seni budaya dan kearifan lokal, menjadi salah satu cara untuk menarik minat kunjungan wisatawan ke wilayah Provinsi Kalteng. Baik itu wisatawan nusantara (Wisnus) maupun wisatawan mancanegara (Wisman).

Pentingnya penyelenggaraan berbagai event untuk menarik minat kunjungan wisatawan tersebut , diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, Minggu (23/2/2020).

“Semakin banyak para wisatawan yang datang ke Kalteng, terutama ke obyek-obyek wisata yang ada, maka seiring dengan itu suatu daerah termasuk obyek wisatanya akan lebih dikenal,”katanya.

Namun demikian lanjutnya, untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan penyelenggaraan event yang berkualitas, terutama melalui kesiapan yang matang.

Disisi lain, event yang digelar diupayakan harus dapat memikat animo wisatawan berkunjung, serta mampu memuaskan ketika wisatawan datang menyaksikan.

“Artinya, event yang digelar membuat orang atau wisatawan yang menyaksikan sangat puas, dan ingin kembali lagi datang diperhelatan event yang sama,”cetusnya.

Menurut Guntur, sejauh ini pihaknya telah mendorong pemerintah kabupaten/kota se Kalteng untuk terus menggerakan sektor kepariwisataan, serta berupaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

Bagusnya kata dia, sejumlah event Festival Seni Budaya dalam setiap tahunnya banyak digelar oleh pemerintah kabupaten/kota.

Hal ini lebih disadari karena setiap event seni budaya dan kearifan lokal yang digelar, dapat memberikan pengaruh positif bagi pariwisata di kabupaten/kota itu sendiri.

“Tentu ada multiefek, baik sebagai bentuk pelestarian dan pengembangan seni budaya, peningkatan ekonomi masyarakat, naiknya kunjungan wisatawan. Terpenting mampu meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata,”terangnya.

Untuk diketahui tambahnya, untuk tahun 2020 ini setidaknya ada tiga agenda event yang bernilai seni budaya dan kepariwisataan Kalteng, yang berhasil masuk ke dalam Calender Of Event (CoE) 2020 Kementerian Pariwisata.

“Tiga event tersebut berhasil masuk kegiatan top 100 CoE Nasional 2020 dari Kementerian Pariwisata, yakni Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung di Lamandau dan Festival Tanjung Puting di Kotawaringin Barat,”pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*