INFO

Dorong Budidaya Ikan di Lahan Rumah Tangga

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Salah satu strategi bagi masyarakat yang ingin menambah penghasilan atau memiliki usaha sampingan di rumah, maka dapat memanfaatkan luasan lahan yang ada disekitar tempat tinggal untuk budidaya ikan.

“Budidaya ikan dengan memanfaatkan lahan disekitar rumah tentu tidak asing lagi, karena sebagian warga sudah melakukannya baik dalam proses pembesaran maupun pembenihan,”ungkap anggota DPRD Palangka Raya Yudhi Karlianto Manan.

Menurutnya budidaya ikan dengan memanfaatkan pekarangan sekitar dirasa cukup menguntungkan. Selain itu pemberian pakan dapat memanfaatkan sisa makanan atau limbah rumah tangga, seperti potongan sayuran sehingga tidak mengeluarkan biaya untuk menyediakan pakannya.

Keuntungan dengan budidaya ikan sendiri, selain untuk konsumsi rumah tangga sendiri dapat juga dijual ke konsumen lainnya.

“Nah, ini secara tidak langsung sudah membantu meningkatkan perekonomian keluarga dan bagian dari ketahanan pangan,”jelas Yudhi, Minggu (23/2/2020).

Lebih lanjut anggota Komisi B DPRD Palangka Raya ini mengungkapkan, untuk bisa melakukan budidaya ikan di pekarangan, maka masyarakat harus menguasai terlebih dahulu teknik yang benar pada sifat biologis ikan.

“Setidaknya bisa menggali pengetahuan dengan instansi terkait yang berkompeten
seperti Dinas Perikanan. Lakukan koordinasi dan tanyakan tatacara budidaya ikan di lahan rumah tangga,”ujarnya.

Disebutkan, jenis-jenis ikan yang dapat dibudidayakan di area pekarangan atau lahan rumah tangga antara lain ikan patin, mujair, gurame, lele, nila, dan lainnya. Meskipun usaha budidaya ikan yang dijalankan masih dalam skala kecil, namun setidaknya dapat menjadi bagian dari ketahanan pangan rumah tangga secara produktif.

“Tidak perlu harus skala besar dulu, cukup mulai dalam skala kecil. Apabila sudah bisa berkembang dan sudah semakin digeluti, maka bisa saja mencoba dalam skala yang lebih besar,”tandasnya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*