INFO
Dorong Koperasi Ikuti Perkembangan Zaman

Dorong Koperasi Ikuti Perkembangan Zaman

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wakil Ketua Komisi A DPRD Palangka Raya, Diu Husaini mendorong koperasi yang ada di Palangka Raya dapat mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Kenapa begitu kata dia, perkembangan zaman dan teknologi saat ini sangat cepat, terutama dalam sektor pertumbuhan ekonomi. Jika tidak dibarengi dengan pembangunan lintas sektor yang mengikuti perkembangan zaman, maka dikhawatirkan akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Termasuk dalam hal ini pembangunan ekonomi melalui koperasi.

“Koperasi memerlukan inovasi baru untuk meningkatkan ekonomi produktifnya dalam meningkatkan pendapatan,” katanya, Jum’at (5/7/2019).

Sebab itulah lanjut Diu, ia mengharapkan para pengurus koperasi bisa lebih berinovasi. Terlebih saat ini telah menjamurnya koperasi yang berdiri, namun tidak diikuti dengan perkembangan yang berarti.

Terutama dari sisi program yang begitu-begitu saja tampa ada inovasi. Tapi sebaliknya jumlah koperasi malah terus bertambah,”tukasnya.

Pada sisi lain Diu melihat, lemahnya kemampuan koperasi dalam berkembang selama ini lebih dikarenakan kurangnya inovasi yang dilakukan pengurus, sehingga tidak ada terobosan baru yang mampu meningkatkan pendapatan koperasi secara signifikan.

“Terkesan hanya sebatas terbentuk saja sebagai koperasi, tanpa diimbangi kemajuan yang menggebrak, yang bisa menyejahterakan dan bermanfaat bagi anggota,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, jika sejatinya koperasi harus mampu berkontribusi bagi kemajuan ekonomi. Tidak hanya sebagai wadah untuk meminjam dana, namun lebihbdari itu, yakni bagaimana taraf perekonomian anggotanya.

“Koperasi sekarang ibaratnya hanya menebar makanan siap saji, bukannya memberikan umpan dan kail agar anggotanya mampu mendapatkan penghasilan yang berimplikasi pada ekonomi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*