INFO
Dorong Produk UKM Mampu Bersaing

Dorong Produk UKM Mampu Bersaing

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagai upaya membuka peluang usaha bagi para  penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM),  Dinas Koperasi dan UKM (Diskop dan UKM) Kota Palangka Raya, menggandeng pihak perbankan dan retail modern.

“Ini cara kita dalam membuka peluang usaha bagi UKM. Baik dari segi permodalan maupun promosi.” ungkap Kepala Diskop dan UKM Kota Palangka Raya, Afendie, Senin (24/6/2019).

Upaya  dimaksud kata Afendie, salah satunya melalui  koordinasi bersama, seperti halnya pada pertemuan pengembangan lembaga pemasaran jaringan kemitraan usaha koperasi yang digagas Diskop dan UKM.

“Seperti hari ini kita mengundang koperasi-koperasi  yang memiliki produk produktif pengembangan UKM, bersama dengan pihak perbankan dan retail modern. Ini langkah awal dari tujuan itu,” ucapnya.

Afendie mengatakan, perkembangan UKM di Kota Cantik saat ini terus meningkat. Hanya saja produk yang dihasilkan belum sepenuhnya mampu bersaing dengan produk luar.

Karena itulah, diperlukan sinergi dari banyak pihak. Seperti halnya perbankan yang bisa berorientasi dalam kerjasama penguatan modal usaha.

Begitu juga retail modern, bisa berkoordinasi dalam hal manajemen pemasaran. Sebut saja bagaimana produk UKM  mampu hadir di pusat pembelanjaan modern.

“Selain UKM perlu penguatan modal, disisi lain kita ingin produk UKM mampu bersaing di ritail modern. Seperti di Hypermart, mall, Indomaret ataupun Alfamart  dan retail berjejaring lainnya,” cetus Afendie.

Ia mengungkapkan, jika  sejatinya produk UKM yang ada di Palangka Raya, memiliki kualitas produk yang tak kalah dengan produk pabrikan lainnya. Karena itulah perlu diperkenalkan, agar masyarakat mengetahui kualitas produk yang dihasilkan.

“Intinya kita merubah image, agar ada tekad dari para pelaku UKM untuk mempromosikan  produk usahanya tersebut secara luas,” tutup Afendie. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*