INFO

DPRD Kabupaten Banjar Study Banding Pengelolaan Dana Kelurahan ke Kota Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya- Kota Cantik Palangka Raya menjadi salah satu lokasi studi banding (stuba) rombongan DPRD Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Kunjungan tersebut dalam rangka menggali informasi seputar pengelolaan Dana Kelurahan (DK) yang digulirkan oleh pemerintah pusat.

Rombongan study banding dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Banjar Akhmad Zacky Hafize dan disambut oleh Walikota Palangka Raya, Staf Ahli Walikota serta beberapa Kelapa SOPD serta Camat di Ruang Rapat Walikota Palangka Raya Peteng Karuhei I, Selasa (14/01/2020).

Achmad Zacky mengungkapkan Penyaluran Dana Kelurahan memerlukan diskusi dengan daerah lain salah satunya Kota Palangka Raya yang secara geografis berkedakatan dengan Kabupaten Banjar.

“Kami ingin tahu bagaimana Kota Palangka Raya mengelola Dana Kelurahan mulai dari Planning (perencanaan) sampai pertanggung jawabannya” kata Ackmad Zacky.

Ia menambahkan, walapun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis sudah ada dari Kementerian Dalam Negeri tapi kita penting untuk mengetahui dan belajar dari Kota Palangka Raya sebagai pusat kota Provinsi Kalimantan Tengah.

Menanggapi hal itu, Walikota Palangka Raya Fairid Naparin menyampaikan, untuk kota Palangka Raya sendiri untuk saat ini pemerintah kota masih berproses dalam pelaksanaan dana Kelurahan karena masih belum adanya petunjuk teknis internal yang ditetapkan masih menggunakan Permendagri 130 tahun 2018 dan surat edaran dari Mendagri.

Camat Jekan Raya Saipullah yang turut hadir mendampingi walikota mengatakan khusus untuk Kecamatan Jekan Raya dana Kelurahan 98% untuk infrastruktur seperti perbaikan jalan, titian dan drainase di Kelurahan dan 2% untuk perberdayaan seperti untuk pelatihan PKK dan sosialisasi ke masyarakat.

“Untuk pengelolaan dana desa kita dibantu oleh Bappeda dan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah serta diawasi oleh Inspektorat Kota Palangka Raya”, kata Saipullah.

Setelah dialog interaktif selesai dilanjutkan dengan foto bersama, dan tukar menukar cinderamata antara pemerintah Kota Palangka Raya dengan DPRD Kabupaten Banjar.

Kunjungan DPRD Kabupaten Banjar juga disambut dan dihadiri oleh ketua Komisi A DPRD Kota Palangka Raya Subandi dan Jhon Arianto Satria Putra.(MC.Isen Mulang/Rani).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*