INFO

DPRD Kota Palangka Raya Bahas Rancangan Raperda JAMKESDA dan Izin Sarang Walet

DPRD Kota Palangka Raya Bahas Rancangan Raperda JAMKESDA dan Izin Sarang WaletMEDIA CENTER, Palangka Raya – Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah Bapemperda DPRD Kota Palangka Raya Rudianto memimpin pembahasan dua rancangan peraturan daerah (raperda) yakni Raperda tentang Penyelengaraan Jaminan Kesehatan Kota Palangka Raya dan raperda tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Palangka Raya No 12 Tahun 2011 tentang Izin Sarang Walet, Kamis (20/5/2021).

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Komisi DPRD Kota Palangka Raya dan di hadiri oleh perwakilan beberapa dinas yg terkait masalah tersebut.

Peraturan Daerah Nomor 03 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Daerah Kota Palangka Raya merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Palangka Raya dalam menjamin warga Kota Palangka Raya dalam mendapatkan akses pelayanan kesehatan, khususnya bagi warga miskin dan atau tidak mampu, penderita penyakit kronis, dan penghuni panti sosial di wilayah Kota Palangka Raya. Peraturan Daerah ini mengakomodir masyarakat tidak mampu untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan dengan membayarkan juran kepesertaan JKN sebagai PBI.

Rudianto mengatakan “Seiring dengan kemajuan Kota Palangka Raya serta keinginan yang kuat agar seluruh penduduk Kota Palangka Raya mendapatkan
kepesertaan semesta Jaminan Kesehatan atau dikenal dengan Universal Health Coverage (UHC), perlu dilakukan perubahan kebijakan sehingga tidak hanya penduduk miskin dan atau tidak mampu yang dapat didaftarkan melainkan juga setiap warga Kota Palangka Raya yang belum memiliki Jaminan Kesehatan”.

“Yang menggambarkan latar belakang munculnya kebutuhan peraturan daerah ini, yang antara lain memuat tentang kondisi dan permasalahan Kesehatan Masyarakat Indonesia secara umum dan khususnya Masyarakat Kota Palangka Raya, yang dikaitkan dengan keberadaaan Dalam UU 36/2009 ditegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu,dan terjangkau”, lanjutnya. (MC. Isen Mulang/Ridho/wln)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*