INFO
DPRD Palangka Raya Kaji Banding Pembinaan Parpol  di Sleman

DPRD Palangka Raya Kaji Banding Pembinaan Parpol di Sleman

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Anggota legislatif DPRD Palangka Raya, kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) atau kaji banding ke luar daerah.

Kali ini sejumlah wakil rakyat dari “Kota Cantik” ini bertandang ke Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ya, sejak Selasa lalu anggota DPRD Palangka Raya melakukan kegiatan kunjungan kerja sekaligus kaji banding. Salah satunya ke Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta,”kata Ketua DPRD Palangka Raya Sigit K Yunianto saat di konfirmasi, Rabu (22/1/2020).

Adapun kegiatan kunker anggota DPRD Palangka Raya di Kabupaten Sleman kata dia, salah satunya adalah kaji banding terkait dengan pembinaan yang dilakukan Kesbangpol terhadap parpol dan sekaligus ingin mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB.

“Kami sudah berdiskusi bersama Ketua DPRD Kabupaten Sleman, Harris, terkait pembinaan Kesbangpol terhadap parpol dan terkait FKUB,”terang Sigit.

Dikatakan, ada banyak hal yang didapat dari kegiatan kunker tersebut, terutama bagaimana Kesbangpol melakukan pembinaan terhadap parpol dan FKUP menjalankan tugas dan fuingsinya melakukan pembinaan umat beragama.

Seperti kaji banding terkait kewenangan Kesbangpol yang sejatinya memilik tugas dan fungsi terhadap pembinaan organisasi masyarakat maupun organisasi politik. Selanjutnya melakukan monitoring, dan evaluasi kegiatan strategis organisasi politik dan kemasyarakatan.

“Selain itu kami mendapat penjelasan, di mana secara tupoksi Kesbangpol memiliki tugas pengawasan terhadap organisasi sesuai standar, norma, pedoman, kriteria dan prosedur yang ditetapkan peraturan perundang-undangan yang berlaku,”terang politikus PDI Perjuangan ini.

Terakhir Sigit mengatakan, jika peran Kesbangpol juga sangat diharapkan ketika menjalankan fungsinya untuk melakukan pengawasan saat Pilkada.

“Ini sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 61 Tahun 2011 tentang pedoman pemantauan, pelaporan dan evaluasi perkembangan politik di daerah,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1),

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*