INFO
DPRD Tanah Bumbu Pelajari Penanganan Karhutla ke Palangka Raya

DPRD Tanah Bumbu Pelajari Penanganan Karhutla ke Palangka Raya

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan pelajari penanganan karhutla ke Kota Palangka Raya, Selasa (24/9/2019).

Materi kaji banding adalah peran aktif pemerintah daerah dan SOPD terhadap pasca bencana kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya.

Lokasi yang dituju rombongan DPRD Tanah Bumbu adalah Kantor Satpol PP Kota Palangka Raya di Jalan Soekarno. Di sini mereka mendapatkan penjelasan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Rombongan mereka diterima oleh Kepala Satpol PP Kota Palangka Raya Benhur Pangaribuan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya dr Andjar Hari Purnomo, dan Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya Akhmad Fauliansyah.

Dipilihnya Palangka Raya sebagai tujuan kaji banding, karena Kota Cantik juga mengalami musibah kabut asap akibat Karhutla sama dengan beberapa daerah di Kalimantan Selatan.

Dalam pertemuan ini Kasatpol PP, kepala dinas sosial, dan Plt kepala dinas kesehatan menjelaskan penanganan pasca Karhutla seperti pembagian masker kepada masyarakat terdampak kabut asap.

Sementara itu anggota Satpol PP terus melakukan patroli untuk melakukan pemantauan agar kebakaran lahan bisa diminimalisasi. Sementara itu dinas sosial juga membantu dinas kesehatan dalam penanganan masyarakat terdampak kabut asap dengan memberikan pelayanan rumah atau ruang oksigen. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*