INFO
Dukung Kebijakan Restorasi Gambut

Dukung Kebijakan Restorasi Gambut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Restorasi Gambut (BRG) beberapa waktu lalu  menggelar Rapat Koordinasi Tim Restorasi Gambut Daerah tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2019. Dengan tema “Mari memanfaatkan dan optimalkan aset-aset Restorasi yang sudah terbangun untuk kelestarian gambut dan kesejahteraan masyarakat”.

Kegiatan yang dihadiri Sekda Kalteng Fahrizal Fitri dan Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead serta seluruh camat se Kalimantan Tengah tersebut, berkomitmen melakukan kebijakan untuk merestorasi gambut di sejumlah wilayah di Bumi Tambun Bungai, salah satunya di wilayah Kota Palangka Raya.

“Kita mengapresiasi upaya ini, tentu pemerintah daerah hingga tingkat pemerintahan terbawah terus menjaga lahan gambut dapat dipelihara sebaik mungkin, dengan cara mengairi lahan sehingga dapat direstorasi secara baik,”ungkap Camat Jekan Raya Kota Palangka Raya, Saifullah, saat dibincangi, Abu (31/7/2019).

Menurutnya dengan adanya kegiatan restorasi itu, pihak pemerintah provinsi bisa mendorong semua pihak dan memberikan pemahaman lebih dalam pengelolaan gambut, terlebih lagi di Kota Palangka Raya.

“Jujur paling rawan kebakaran itu lahan gambut, makanya berharap hal tersebut bisa diberikan sosialisasi agar bisa dikelola dan bisa meminimalisir kerhutla, ujar Saifullah.

Dikatakan, dalam menjaga dan melestarikan lahan gambut, tentu memerlukan koordinasi bersama terutama dengan Badan Restorasi Gambut, dan NGO serta pihak lain untuk bersama menjadikan lahan gambut lebih baik.

“Tidak bisa dipungkiri, lahan gambut ini penting bagi dunia. Untuk dapat mempertahankan ekosistem gambut, maka diperlukan upaya mempertahankan maupun pengelolaannya,” tandas Saifullah. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*