INFO
Dukung Usulan Siswa Bersepeda ke Sekolah

Dukung Usulan Siswa Bersepeda ke Sekolah

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ada yang menarik dalam kegiatan rapat dengar pendapat (RDP) yang dilaksanakan oleh DPRD Kota Palangka Raya bersama mitra kerjanya belum lama ini, dimana terdapat banyak usulan-usulan. Salah satunya usulan dari kalangan Dewan Pendidikan Kota yang merekomendasikan agar diberlakukannya himbauan bersepeda bagi anak Sekolah Dasar kelas 4-6, dan SMP kelas 1-3. 

“Ini ada usulan dari Dewan Pendidikan Kota Palangka Raya, agar anak-anak SD dan SMP menggunakan sepeda untuk transportasi ke sekolah. Usulan ini patut diapresiasi dan didukung, “ungkap Ketua Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Hj.Mukarramah, Rabu (16/1/2019)

Dengan begitu lanjut Mukarramah, anak didik tidak perlu lagi diantar dan dijemput orang tua atau bahkan menggunakan kendaraan bermotor sendiri.

Disisi lain, dengan bersepeda ke sekolah, banyak membawa hal positif yang dapat diambil adalah tidak merepotkan orang tua untuk antar jemput anak disela bekerja, dan membudayakan hidup sehat dengan naik sepeda.

“Kebanyakan anak saat ini kurang mandiri dan dirasa menurun jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu saat kendaraan bermotor tidak sebanyak sekarang. Anak-anak terlalu bergantung dengan orang tua,” tandasnya. 

Maka itu lanjut Mukarramah,  jika dibudayakan kembali bersepeda ke sekolah, anak-anak secara tak langsung mampu memiliki jiwa mandiri dan juga raga yang sehat.

Akan tetapi terlepas dari itu semua, maka untuk saat ini usulan anak bersepeda ke sekolah, bukannya tidak memiliki faktor kendala dalam implementasinya. Dimana jika di aplikasikan dalam kondisi saat ini, yang mana sarana dan prasarana pendukung bersepeda, seperti jalur sepeda dijalan dan rambu-rambu di jalan bagi pengguna sepeda masih belum tersedia.

“Ini yang perlu menjadi catatan. Kami akan coba koordinasikan kepada pihak terkait apakah sarana penunjang bagi pengguna sepeda bisa disediakan,” pungkas Mukarramah. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*