INFO
Dunia Usaha Diharap Peduli PMKS

Dunia Usaha Diharap Peduli PMKS

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Kepala Dinas Sosial Kota Palangka Raya Akhmad Fauliansyah mengatakan, penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) masih menjadi pekerjaan rumah bagi pihaknya.

Anak terlantar, penyandang disabilitas, lansia terlantar serta wanita rawan sosial ekonomi dan lainnya, kata dia, bagian dari seabrek pekerjaan yang harus dilakukan.

Hanya saja untuk menyelesaikan persoalan PMKS tersebut tidak bisa dilakukan pemerintah melalui dinas sosial secara mandiri, melainkan memerlukan bantuan pihak lain. Seperti kepedulian dunia usaha.

“Para pengusaha, katakan saja pihak ketiga diharapkan lebih peduli terhadap PMKS ini, baik membantu kebutuhan material, spiritual serta menjalankan fungsi sosial,” ungkapnya, Selasa (9/7/2019).

PMKS ini lanjut Fauliansyah, telah menjadi salah satu program prioritas pemerintah. Hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan
penanganan sosial.

Terbukti fakta yang terjadi saat ini, masih banyak masyarakat, termasuk di Kota Palangka Raya yang kategori keluarga tidak mampu menjadi bagian dari PMKS .

Karena itu, dinas sosial selaku kepanjangan tangan pemerintah di daerah, perlu mendapat dukungan dari para dunia usaha. Terutama untuk melakukan langkah-langkah strategis. Baik dalam rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perlindungan sosial bagi para PMKS.

“Kepedulian dan tanggungjawab sosial dari kalangan dunia usaha dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial secara lembaga sangat diperlukan dalam mendukung program prioritas pemerintah,” tandas Fauliansyah. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*