INFO
Ekspor Ikan Hias Lewat Palangka Raya Capai 500.000 Ekor

Ekspor Ikan Hias Lewat Palangka Raya Capai 500.000 Ekor

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Ekspor ikan hias dari Provinsi Kalimantan Tengah masih banyak. Selama 2018 saja ada 500.000 ikan hias yang diekspor ke Singapura.

Ikan hias jenis botia ini oleh Singapura kemudian diekspor lagi ke Amerika dan beberapa negara di eropa. Tahun ini permintaan ekspor ikan hias dari Kalimantan Tengah juga masih tinggi.

Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Palangka Raya, Iromo mengatakan ikan hias yang diekspor ini paling banyak dari Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara.

“Potensi ekspor ikan hias ini mencapai Rp50 miliar,” kata Ipomo seusai menghadiri acara pelepasan bibit ikan di Pelabuhan Kereng Bangkirai, Rabu (19/6/2019).

Tidak hanya ekspor, rupanya warga Kalimantan Tengah, khususnya Kota Palangka Raya juga mengimpor ikan, namun khusus untuk bibit budidaya ikan keramba.

Jenis ikan yang didatangkan dari Jawa seperti lele, patin, gurame, dan tilang. “Benih ikan juga ada yang didatangkan dari Jakarta, Bogor, dan Sukabumi,” tandasnya. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*