INFO
Enam Syarat Menjadi Kota Cerdas

Enam Syarat Menjadi Kota Cerdas

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye menyebutkan, ada enam syarat agar Kota Palangka Raya bisa menjadi Kota Cerdas.

Enam syarat itu kata dia telah dikemukakan oleh
Tim Peneliti LPPM Universitas Palangka Raya, yakni smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

“Jika salah satunya tidak terpenuhi, maka sebuah daerah belum dapat disebut sebagai kota cerdas. Hasil kajiannya demikian, maka keenam syaratnya mesti dipenuhi,” jelas Anna, Minggu (1/9/2019).

Dari 6 syarat tersebut, lanjut Anna, saat ini ada sebagian dimensi pembangunan di Kota Palangka Raya yang sudah menuju smart city, salah satunya smart governance. Pemerintah Kota Palangka Raya sudah menerapkan pelayanan dengan good governance serta pelayanan informasi publik secara online.

“Salah satu indikasi yang saat ini kita lihat berjalan dengan baik adalah Smart Governance. Dimana pemerintah menjalan sistem informasi publik yang dapat diakses dengan menggunakan sarana internet,” imbuhnya.

Polikus ini juga menambahkan, konsep smart city berbasis kearifan lokal sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah, tentu tidak lepas dari kerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Palangka Raya.

“Kajian awal yang disampaikan oleh tim peneliti dilakukan respondesi terhadap 700 orang. Respon masyarakat, juga termasuk kompenen yang diperhitungkan dalam pengembangan pembangunan yang ingin dilaksanakan,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*