INFO
Evaluasi Berkala Pelaksanaan PPDB

Evaluasi Berkala Pelaksanaan PPDB

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Tidak bisa dipungkiri, pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi secara nasional banyak menuai pro dan kontra di masyarakat.

Sebagian orang tua siswa menilai sistem zonasi menyulitkan dalam mendukung pendidikan terbaik bagi anak. Sebagian lagi menilai sistem itu merupakan bentuk pemerataan kualitas pendidikan, tidak ada istilah sekolah unggulan dan siswa mudah menjangkau sekolah.

Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Sigit Widodo, tidak menepis bila sistem zonasi dalam PPDB khususnya yang dilaksanakan di kota setempat, juga tidak sedikit menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

Selama ini kata dia, banyak orang tua siswa yang menyekolahkan anaknya dalam lingkup sekolah yang memiliki fasilitas lengkap. Mulai dari sarana pendidikan hingga pengembangan diri siswa melalui kegiatan eksrakulikuler.

Iya mereka tidak memandang sistem zonasi atau secara domisili, terpenting sekolah tersebut sejalan dengan keinginan,” ujar Sigit, Rabu (8/7/2020).

Kondisi ini lanjut dia memang dilematis, dimana pada satu sisi harus dipahami orang tua mana yang tak ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Namun di sisi lain, pemerintah juga memiliki pemikiran, pertimbangan serta kebijakan.

“PPDB sistem zonasi memang baik, guna menghilangkan stigma perbedaan antar sekolah. Baik stigma sekolah unggulan dan tidak unggulan,” jelas Sigit.

Terlepas dari itu sambung dia, pelaksanaan sistem zonasi PPDB ini memang harus terus dilakukan evaluasi. “Termasuk juga mengevaluasi sistem penerimaan melalui jalur kuota, jalur siswa berprestasi, jalur siswa tak mampu maupun jalur perpindahan domisili orang tua,” cetusnya.

Terlebih tambah Sigit, peraturan sistem zonasi ini merupakan arahan langsung dari pemerintah pusat. Namun diharapkan harus mampu disesuaikan dengan kondisi riil di suatu daerah. Seperti halnya di Kota Palangka Raya agar lebih tepat sasaran. (MC. Isen Mulang.1/nd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*