INFO
Event Maneser Panatu Tatu Hiang 2019 Dibuka

Event Maneser Panatu Tatu Hiang 2019 Dibuka

MEDIA CENTER,Palangka Raya – Event budaya “Maneser Panatu Tatu Hiang (MPTH) ke-3  yang digelar dengan tujuan untuk menjaga eksotisan budaya lokal, resmi dibuka.
Gelaran untuk memeriahkan hari jadi  sanggar seni dan budaya Riak Renteng Tingang ke-7 tersebut, di buka Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, Rabu (1/5/2019) malam,di Huma Betang Eka Hapakat,Palangka Raya.

Guntur mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan tersebut, dimana bisa menjadi contoh untuk sanggar-sanggar lain dalam meningkatkan dan mengembangkan kebudayaan lokal Kalteng pada khususnya.

“Event seperti ini, tentu memerlukan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan budaya lokal Kalteng kedepan,”ujarnya.

Melalui even ini tambah Guntur, diharapkan mampu mengangkat pariwisata dan budaya ke masyarakat secara  lokal, maupun inter lokal.

Sementara itu Penasehat Umum  Riak Renteng Tingang, Enny lukitaning Dyah, mengatakan, kegiatan ini bertujuan mendorong generasi muda mengetahui sejarah budaya yang selama ini masih banyak belum diketahuinya.

“Maneser Panatu Tatu Hiang ini bertujuannya untuk mengenalkan kepada generasi penerus akan kebudayaan dan sejarah budaya lokal, karena selama ini banyak budaya asli Kalteng yang belum banyak diketahui anak muda,” tukasnya.

Selain itu, Enny juga mengungkapkan, tingginya perkembangan zaman saat ini,  membuat budaya lokal sering kali ditinggalkan dan tidak diminati oleh para generasi muda.

“Maka itu, kegitan ini memang rutin kita lakukan untuk terus membudayakan budaya lokal. Kita berharap dengan kegiatan ini, generasi muda menyukai budaya lokal dan tertarik ikut mengembangkan,” harapnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*