INFO
Event Pemerintah Minim Dukungan Dunia Usaha

Event Pemerintah Minim Dukungan Dunia Usaha

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemko)  Palangka Raya baru-baru ini menggelar Event Palangka Raya Fair 2019. Event tahunan yang dilaksanakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya kali ini terbilang sukses.

Namun sayangnya menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Palangka Raya, Afendie, yang juga selaku ketua panitia pelaksana event itu mengatakan, dalam kegiatan tersebut sangat minim adanya dukungan dunia usaha maupun jasa yang berpartisipasi dalam event tersebut.

Ia mencontohkan minimnya dukungan dari pengusaha perhotelan yang mensuport atau membantu. Padahal apabila event tersebut berjalan setiap tahunnya dan masuk kalender nasional akan berdapak bagi usaha perhotelan itu sendiri.

“Kita sudah melakukan permohonan, bahkan saya datang sendiri ke beberapa perhotelan yang ada untuk meminta dukungan. Namun tidak satupun yang merespon baik.Padahal terlaksananya event ini akan berdampak bagi mereka kedepannya,” ungkap Afendie, saat dibincangi, Selasa (10/9/2019).

Padahal lanjutnya, even tersebut adalah dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Palangka Raya dan pemerintah kota Palangka Raya, sehingga diharapkan dunia usaha bisa lebih berpartisipasi dalam pembangunan Kota Palangka Raya terutama dalam peningkatan sektor UMKM dan pariwisata.

“Kita sebenarnya tidak masalah, namun menyayangkan dengan hal itu, karena apa yang kami lakukan ini akan berdampak besar bagi mereka juga kedepan,” tukas Afendie.

Ia mencontohkan event Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), dimana event tersebut kini telah dimasukan kedalam kalender nasional.

“Bayangkan saja, apakah itu tidak akan berdampak kedepannya apabila itu diminati oleh banyak wisatawan luar daerah. Hotel-hotel akan banyak pesanan oleh para pelancong ataupun wisatawan,” bebernya.

Belum lagi tambah Afendie, jika nantinya  pemerintah kota akan membangun sentra hasil UMKM masyarakat yang bisa dijadikan oleh-oleh. Hal itu juga akan lebih membantu dan memudahkan dunia usaha perhotelan dalam melayani wisatawan atau pengunjung.

Sentra oleh-oleh ini jelas dia, sudah mulai dipersiapkan, saat ini sedang dalam tahap pengembangan yang berada di Jalan Temenggung Tilung.

“Ini juga untuk mendukung pelayanan dunia usaha perhotelan yang berkembang di Kota Palangka Raya,” ujarnya.

Maka itulah tambah Afendie, pengusaha ataupun dunia usaha seyogyanya turut berpartisipasi manakala pemerintah daerah tengah melaksanakan event-event yang sejatinya memerlukan dukungan bersama dalam mensukseskannya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*