INFO
Event Seni Budaya dan Atraksi Wisata Mendominasi di 2020

Event Seni Budaya dan Atraksi Wisata Mendominasi di 2020

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Penyelenggaraan event sarat dengan seni budaya dan pariwisata saban tahunnya terus digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) setempat, maupun pemerintah kabupaten kota se Kalteng.

Menurut Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng, Guntur Talajan, bila mengacu tahun 2019 yang lalu maka ada sebanyak 186 event berhasil diselenggarakan. Kemudian melonjak menjadi 307 event yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 ini.

Untuk tahun 2020 ini maka kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) adalah kabupaten yang paling banyak akan menggelar event yang bernilai seni budaya kearifan lokal maupun atraksi kepariwisataan,ungkap Guntur, Minggu (23/2/2020).

Secara umum lanjut dia, semua kabupaten/kota se Kalteng dalam setiap tahunnya telah menggelar berbagai event. Namun Kabupaten Kotawaringin Timur, tampaknya lebih mendominasi menggelar banyak event.

Adapun berdasarkan data jumlah event yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, maka Kabupaten Kotawaringin Timur akan menggelar sebanyak 53 event , disusul Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 50 event, Murung Raya 43 Event, Katingan 37 event , lalu Lamandau 29 event, Selanjutnya Kota Palangka Raya 22 event.

Kemudian Kabupaten Pulang Pisau 12 event, Seruyan 11 event, Sukamara 10 event, Gunung Mas 10 event, Barito Selatan 9 event, Kapuas 9 event dan Barito Utara 7 event serta Barito Timur 5 event.

“Dengan memperbanyak berbagai event seni budaya dan pariwisata dan atraksi kepariwisataan, tentu dapat memberikan pengaruh positif bagi pariwisata di provinsi yang berjulukkan Bumi Tambun Bungai ini,”ujar Guntur.

Bagusnya tambah dia, sejumlah event seperti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung di Lamandau , Festival Tanjung Puting di Kotawaringin Barat maupun Mandi Safar di Sampit, mampu menyedot ribuan masyarakat yang di dalamnya terdapat wisatawan nusantara (Wisnus) maupun wisatawan mancanegara (Wisman).

“Diharapkan pada tahun ini ada kenaikan lagi jumlah penyelenggaraan event seni budaya dan pariwisata dibandingkan dengan tahun lalu,”harap Guntur.

Dengan adanya pelaksanaan berbagai event di Kalteng tambah dia, maka diharapkan pula akan berimplikasi nyata terhadap bertambahnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kalteng. Tak kalah penting lagi adalah memberi dampak positif bagi ekonomi masyarakat sekaligus menjaga eksistensi seni budaya, dan kearifan lokal.

“Kalteng sendiri memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan. Seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kobar dan Taman Nasional Sebangau serta Kereng Bangkirai di Palangka Raya, maupun potensi wisata lainnya yang akan melengkapi setiap rangkaian event,”tutupnya. (MC. Isen Mulang.1/dk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*