TERKINI
Fairid : Guru Sebagai Motivator Pembangkit Semangat Belajar Siswa

Fairid : Guru Sebagai Motivator Pembangkit Semangat Belajar Siswa

MEDIA CENTER, Palangka Raya-Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin menyebutkan bahwa proses pembelajaran akan berhasil manakala siswa mempunyai motivasi dalam belajar.

“Oleh sebab itu, guru perlu menumbuhkan motivasi belajar siswa. Untuk memperoleh hasil belajar yang optimal, guru dituntut kreatif membangkitkan motivasi belajar siswa, sehingga terbentuk perilaku belajar siswa yang efektif,” kata Fairid, Jumat (25/11/2022) kemarin.

Menurutnya, dalam dunia pendidikan pada hakekatnya seorang guru bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa dalam bentuk pendidikan formal.

“Seorang guru bukan hanya berperan sebagai fasilitator dan mediator, akan tetapi juga dituntut untuk dapat berperan sebagai motivator yang dapat membangkitkan semangat dan dorongan kepada siswa dalam belajar,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia juga menyebutkan bahwa dalam membangkitkan semangat belajar siswa, guru juga harus bisa mengembangkan atau meningkatkan cara memotivasi belajar para siswa.

Hal ini dikarenakan guru adalah sosok yang menjadi pioneer dalam proses kegiatan mengajar.

“Oleh karena itu seorang guru harus secara sadar terus melakukan peningkatan kualitasnya. Hal ini sangat penting demi terwujudnya motivasi belajar siswa yang semakin tinggi,” tutupnya. (MC. Isen Mulang/Nitra/ndk)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*