INFO
Fairid : Lingkungan Kotor Pengaruhi Pertumbuhan Anak

Fairid : Lingkungan Kotor Pengaruhi Pertumbuhan Anak

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan, faktor lingkungan memiliki pengaruh penting dalam kehidupan manusia. Lingkungan yang kotor kata dia, akan menjadi salah satu faktor penghambat dari pertumbuhan anak.

“Ya, berdasarkan  banyak penelitian maka lingkungan masyarakat yang kotor akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak, bahkan menghambat kecerdasan dan daya pikir anak,” kata Fairid, usai memberikan arahan pada acara pelatihan konvensi hak anak yang digelar di Aula Peteng Karuhei (PK) II Kantor Wali Kota Palangka Raya, Jum’at (12/4/2019).

Berbicara pertumbuhan anak lanjut Fairid, maka tidak lepas  dari isu persoalan kesehatan yang dihadapi oleh pemerintah saat ini, yakni ‘Stunting’ yang masih banyak terjadi disemua daerah di Indonesia, termasuk di Kota Palangka Raya.

“Stunting diistilahkan pertumbuhan tubuh yang kurang dari si anak, sehingga orang tua dituntut harus paham mengenai tumbuh kembang anak terutama faktor yang mempengaruhi,” ujarnya lagi.

Kata Fairid, selain diperlukan perhatian terhadap keseimbangan gizi dan nutrisi anak mulai sejak dini, maka disisi lain faktor keadaan lingkungan tempat tinggal menjadi sangat penting.

Lingkungan yang sehat jelas dia harus dimulai dari rumah tangga terlebih dahulu, baru dilanjutkan dengan lingkungan sekitar masyarakat.

“Lingkungan yang sehat menjadi faktor dasar tumbuh kembang buah hati. Sebab, kebersihan lingkungan secara langsung akan berinteraksi membentuk pola pertumbuhan dan perkembangan kecerdasan anak,” terangnya lagi.

Fairid berharap, faktor lingkungan ini harus disikapi serius oleh masyarakat, terutama peran penting orangtua agar selalu peka sejak dini bagi anak-anak dalam setiap fase, baik sejak usia dini hingga dewasa.

“Di sinilah letak peran sentral orang tua terhadap  anaknya. Selain tetap memenuhi semua kebutuhan dasar anak seperti asupan nutrisi, kasih sayang, stimulasi, imunisasi, maka tak kalah penting  kebersihan lingkungan juga diutamakan,” tutupnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*