TERKINI
Fairid: Produk Khas Lokal Diharapkan Tembus Pasar Global

Fairid: Produk Khas Lokal Diharapkan Tembus Pasar Global

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin berharap agar produk khas dayak Kalimantan Tengah (Kalteng) mampu menembus pasar global dan dikenal masyarakat dunia.

“Pemko akan menyusun strategi pemasaran produk kerajinan agar mendapatkan calon pembeli dan mampu bersaing dengan kompetitornya supaya tembus pasar global,” katan Fairid, (26/7/2022).

Dia mengatakan, Bumi Tambun Bungai memiliki produk yang unik dan berkualitas baik, namun belum tentu laris dalam hal mendapatkan calon pembeli. Untuk itu lah diperlukan strategi agar mampu memperkenalkan lebih luas ke masyarakat baik itu lokal maupun ke mancanegara.

“Kaitannya adalah branding, dimana merk dari kerajinan kita belum luas atau dikenal oleh banyak orang, sedangkan pesaing memiliki branding yang cukup luas dan tinggi, jadi sangat wajar bila konsumen lebih banyak membeli produk kompetitor untuk sementara ini,” ungkapnya.

Persoalan ini kata Fairid bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun juga perlu didukung dengan inovasi pelaku usaha sendiri dalam melakukan promosi melalui berbagai sarana digital yang tersedia. Bisa melalui sosial media website dan lain-lain.

“Bisa gabung E-katalog atau di Mbizmarket juga. Di sana UKM bisa memainkan peranan supaya produknya dilirik tidak hanya dalam negeri tapi mancanegara. Intinya kita saling mendukung dan tidak boleh berharap hanya dengan alam dan pembeli lokal,” pungkasnya. MC Isen Mulang/nitra/wspd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*