INFO
Festival Bakar Jagung, Motivasi Bagi Petani Jagung

Festival Bakar Jagung, Motivasi Bagi Petani Jagung

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Puluhan ribu masyarakat, baik yang datang dari seluruh penjuru Kota Palangka Raya maupun dari berbagai kabupaten di Kalteng, tumpah ruah memenuhi Bundaran Besar Palangka Raya, pada Minggu (16/6/2019) pagi.

Pemandangan tersebut  wujud dari antusiasnya masyarakat  mengikuti festival bakar jagung dalam rangkaian HUT Kalteng ke 62, sekaligus pemecahan Rekor Museum Indonesia (MURI) dengan bakar jangung  sebanyak 62 ribu tongkol jagung.

Dari pantauan, sejak pukul 06.00 WIB masyarakat sudah memadati lokasi kegiatan, bersamaan  dengan  rutinitas  car free day yang memang dilaksanakan setiap hari minggu.

Puluhan stand peserta bakar jagung dari perwakilan kabupaten/kota se Kalteng, yang terdiri dari OPD, pihak swasta, perbankan serta masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya, terlihat menyiapkan ratusan hingga ribuan jagung, untuk dibakar lalu di nikmati bersama dengan masyarakat yang datang.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran disela-sela meninjau  secara langsung sejumlah stand peserta festival bakar jagung mengatakan, event tersebut sebagai bentuk motivator bagi penggiat pertanian di Kalteng, terutama yang bergerak pada komoditas jagung.

“Petani komoditas jagung harus dimotivasi untuk bersemangat, jadikanlah produksi pertanian jagung sebagai komoditas bahan pangan dan bernilai ekonomis serta bergizi,” cetusnya.

Bila berkaca dari negara lain, kata gubernur, maka tidak sedikit para petani dalam berbagai bidang komoditas yang digeluti, seperti halnya jagung ini sukses serta mampu mengangkat perekonomian.

“Petani jagung di Kalteng harus tetap bersemangat dan terus mengembangkan usahanya untuk maju,” tuturnya singkat.

Sementara itu Mamat warga Palangka Raya mengaku menyambut baik kegiatan bakar jagung guna pemecahan rekor MURI ini.

“Festival bakar jagung ini cukup unik, semoga setiap tahun bisa menjadi kegiatan rutinitas,” pintanya.

Asisten II Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalteng, Nurul Edy mengungkapkan, digelarnya festival bakar jagung  sebanyak 62 ribu mencerminkan 62 tahun Provinsi Kalteng.

“Festival bakar jagung ini  mendapat dukungan penuh dari Kementrian Pertanian (Kementan), dimana komoditas jagung diharap mampu dikembangkan dalam skala besar di Kalteng,” sebutnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*