INFO
Festival Budaya Isen Mulang Mendunia

Festival Budaya Isen Mulang Mendunia

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) bakal menjadi even unggulan yang dimiliki oleh Provinsi Kalteng.

Terlebih FBIM telah diusulkan masuk kalender event tingkat nasional, sehingga diharapkan mampu menarik minat wisatawan baik nasional maupun mancanegara.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri usai mengikuti press conference kalender event Kalteng di Gedung Kementerian Pariwisata RI, Senin (18/3/2019).

“Ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan promo budaya. Dengan masuknya menjadi kalender nasional maka akan semakin dikenal oleh seluruh wisatawan yang ada di dunia,” ucapnya

Pemerintah kata dia berharap dengan digelarnya kegiatan ini akan mengundang daya tarik wisatawan untuk dapat berkunjung ke Kalteng.

“Kita meyakini jika banyak wisatawan yang berkunjung, maka akan mampu menggerakan roda perekonomian di Kalteng untuk mencapai Kalteng Berkah,” tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng Guntur Talajan mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan kabupaten kota, dalam mempromosikan kebudayaan dan pariwisata di Kalteng.

“Kita akan mengemas menjadi paket wisata agar wisatawan dapat berkunjung ke beberapa kota di Kalteng,” ujarnya.

Diketahui, tambah Guntur,  FBIM mulai digelar sejak tahun 1993. Dan tahun 2019 ini adalah gelaran yang ke 26 kalinya.

“11 Negara sudah mendaftar untuk mengikuti FBIM. Mereka tertarik karena di event ini ada olahraga tradisional, sepak sawut, dayung dan beberapa perlombaan lainnya,” jelas Guntur.

Terpisah Deputi bidang pengembangan dan pemasaran I Kementerian Pariwisata RI, Riski Handayani menyambut baik festival yang sangat sarat dengan budaya dan keunikan sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

“Kita akan mendukung kalender nasional FBIM karena sudah mempunyai kriteria nilai budaya. Kearifan lokal adat Dayak perlu mendunia,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*