INFO
Festival Budaya Tunjukkan Seni Budaya Kalteng Bernilai Tinggi

Festival Budaya Tunjukkan Seni Budaya Kalteng Bernilai Tinggi

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Even akbar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2019 resmi dibuka, menandai dimulainya lomba-lomba olahraga tradisional yang merupakan ciri khas pada agenda tahunan tersebut.

Setidaknya 2.250 peserta dari 14 kabupaten/kota yang ada di provinsi berjulukan Bumi Tambun Bungai ini, siap mengikuti dan memeriahkan seluruh jadwal FBIM yang akan digelar pada 17 sampai dengan 22 Juni 2019.

FBIM itu sendiri resmi dibuka oleh Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran, Senin ( 17/6/2019) malam, di UPT Taman Budaya Kalteng (arena pameran Temanggung Tilung Palangka Raya).

Even ini dihadiri para bupati/walikota se Kalteng , Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Kementrian Pariwisata RI, Reza Fahlevi, perwakilan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta sejumlah perwakilan kedutaan negara untuk Republik Indonesia maupun undangan lainnya.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, mengatakan, seni budaya dan pariwisata merupakan hal yang berkaitan erat. Karenanya Pemprov Kalteng akan berupaya mengembangkan dan mengemasnya guna mampu mendatangkan nilai bagi perekonomian dan lapangan kerja.

“Salah satu upaya itu adalah mengusulkan dua taman nasional yakni Taman Nasional Sebangau dan Taman Nasional Tanjung Putting untuk menjadi destinasi wisata menarik di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalteng, Guntur Talajan dalam laporannya mengatakan, FBIM 2019 adalah agenda yang ke-26 kalinya digelar yang bertujuan sebagai pelestarian dan pengembangan inovasi kreatifitas kebudayaan kesenian, kearifan lokal Dayak Kalteng.

“Even ini diharapkan membawa dampak pada peningkatan kunjungan atau penonton terutama dari para wisatawan,” harapnya.

Pada FBIM kali ini tambah dia, sedikitnya ada 22 cabang perlombaan yang digelar pada FBIM 2019, diantaranya, lomba karnaval budaya, lomba putra-putri pariwisata, tari daerah, karungut, mangenta, malamang.

Lalu lomba masakan tradisional khas Kalteng, lomba mangaruhi, maneweng, sepak sawut, jukung hias, lomba balogo. Kemudian ada lomba bagasing-habayang, manyipet, lomba lagu daerah, lawang sakepeng, serta lomba eksebisi balap ces alkon Borneo (120 Klotok/Ces Alkon).

“Untuk mendukung pelaksanaan FBIM ini Pemerintah Kota Palangka Raya telah menyiapkan paket wisata dan kuliner,” paparnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*