INFO

Festival Literasi Komunitas Baca Diminati Para Anak Didik

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah mengadakan Festival Literasi Komunitas Baca yang dilaksanakan dari 16-19 Oktober 2017.

Acara lomba yang digelar di aula Balai Bahasa Kalteng, Jalan Tingang Km 3,5 Palangka Raya ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan 
Bulan Bahasa 2017. 

Ada empat kategori yang dilombakan dalam festival ini. Yakni lomba menulis surat untuk gubernur bagi murid SD, lomba menulis cerpen bagi pelajar SMP, lomba apresiasi puisi bagi siswa SMA, dan lomba menulis esai bagi mahasiswa seluruh Kota Palangka Raya.

Kepala Balai Bahasa Kalimantan Tengah, Drs H Haruddin, M.Hum sangat mengapresiasi antusiasme para anak didik dari beberapa sekolah yang bersedia mengikuti lomba.

“Saya bangga dan bersyukur kegiatan ini dapat respons luar biasa. Murid SD yang menulis surat jumlahnya sampai 150-an. Mereka bertebaran dan lesehan di aula ini saat lomba. Begitu juga pelajar SMP yang menulis cerpen dan siswa SMA yang mengapresiasi puisi jumlahnya juga ratusan. Sungguh ini di luar dugaan. Hanya mahasiswa peserta menulis esai yang kurang banyak. Belum diketahui penyebabnya. Mungkin banyak yang belum paham atau belum percaya diri menulis esai. Yang jelas kami sudah mengirimkan undangan kesemua perguruan tinggi di Palangka Raya,” katanya dalam sambutan penutupan.

Haruddin menjelaskan pada dasarnya Balai Bahasa Kalteng senantiasa mengakomodasi semangat berliterasi. “Silakan terus berkarya bukan hanya dalam festival. Lalu tunjukkan kepada kami dan akan kami dukung dan apresiasi,” tambahnya.

Dalam lomba ini para juara menerima hadiah berupa tropy, sertifikat,  uang pembinaan, dan buku bahasa dan sastra. Dalam kesempatan ini para penulis buku cerita anak yang beberapa bulan lalu memenangkan lomba menulis bacaan juga menerima buku yang telah diterbitkan Balai Bahasa Kalteng. 

Bahkan undangan khusus budayawan senior, Abdul Fatah Nahan dan JJ Kusni juga hadir untuk menerima buku-buku itu. Tidak Ketinggalan, Ketua Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) Kalteng, Imam Qalyubi juga hadir.

Rupanya dari beberapa juara dalam festival ini salah satu siswi kelas XI MIPA SMAN 5 Palangka Raya bernama Fiesta Indah Permatasari Sinaga juga berhasil menjadi pemenang II lomba apresiasi puisi. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*