INFO

Festival Tandak Intan Kaharingan Dibuka

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Walikota Palangka Raya HM Riban Satia membuka secara resmi kegiatan Seleksi Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) tingkat Kota Palangka Raya, di Balai Induk Hindu Kaharingan Palangka Raya, Jum’at sore (11/5/2018).

Acara pembukaan tersebut turut dihadiri sejumlah kepala SOPD dan Forkopinda lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya. Serta tampak hadir pula Ketua Majelis Hindu Kaharingan Provinsi Kalteng, Walter S Penyang, sejumlah tokoh Kaharingan dan ratusan undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu , Walikota Palangka Raya menyambut baik digelarnya seleksi FTIK yang sekaligus bertujuan untuk memantapkan kerukunan umat beragama yang harmonis dan serasi.

“Kegiatan keagamaan ini sangat penting dan merupakan salah satu bentuk pembangunan dibidang keagamaan,”ungkapnya.

Kegiatan FTIK itu sendiri tambah Riban adalah merupakan kegiatan yang dapat memperkuat iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sekaligus merupakan tanggungjawab bersama, sebab penguatan bidang keagamaan merupakan bagian dari pembangunan manusia seutuhnya.

“Palangka Raya selalu langganan juara FTIK tingkat Provinsi Kalteng, sebab itu berlombalah dengan baik, jujur dan konsisten serta bangun rasa kebersamaan berkarakter,”pintanya.

Sementara itu ketua panitia seleksi FTIK Kota Palangka Raya, Juliadie  menjelaskan, kegiatan keagamaan umat Hindu Kaharingan tersebut diikuti peserta dari semua kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya.
Kegiatan yang digelar dari tanggal 11-13 mei tersebut akan memperlombakan beberapa cabang lomba seperti Kandayu, Karungut, Menandak, Pembacaan Kitab Suci Panaturan dan cerdas cermat.

“Gelaran FTIK ini adalah untuk menjaring peserta yang akan mewakili Palangka Raya pada FTIK tingkat Provinsi Kalteng, di Tamiang Layang – Kabupaten Barito Timur. Semoga Palangka Raya dapat mempertahankan kembali juara umum,”papar Juliadie. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*