INFO
Festival Tandak Intan Kaharingan Resmi Dibuka

Festival Tandak Intan Kaharingan Resmi Dibuka

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Festival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) merupakan sarana  untuk lebih memaknai ajaran beragama, serta mendekatkan diri kepada Ranying Hatala Langit  (Tuhan Yang Maha Esa).

Melalui FTIK diharapkan dapat meningkatkan  nilai-nilai spiritual yang tinggi dalam meningkatkan keimanan, khususnya  bagi umat Hindu Kaharingan.

Ungkapan serta harapan tersebut disampaikan Staf Ahli Wali Kota, Murni D Djinu  saat membacakan sambutan Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin pada pembukaan seleksi Featival Tandak Intan Kaharingan (FTIK) tingkat Kota Palangka Raya, di Balai Induk Hindu Kaharingan Palangka Raya, Jumat (6/12/2019).

Dalam kesempatan itu Murni menyampaikan , Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya menyambut baik  digelarnya seleksi FTIK yang sekaligus bertujuan untuk menambah dan memberi pengetahuan  bagi umat Hindu Kaharingan.

“Terutama bagi anak-anak dan remaja, sehingga mereka lebih memahami dan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa,”tuturnya.

Dikatakan, Kegiatan keagamaan ini sangat penting dan merupakan salah satu bentuk pembangunan dibidang keagamaan, sekaligus membangun semangat persatuan, kerukunan intern antara umat beragama  dan  pemerintah.

Sementara itu Ketua Majelis Daerah Hindu Kaharingan Kota Palangka Raya yang juga merupakan Ketua  Lembaga Pengembangan Tandak Intan Kaharingan (LPT-IK) Pusat Palangka Raya, Parada L. KDR mengatakan, terselenggaranya seleksi PTIK tingkat kota tersebut membuktikan, bahwa umat Hindu Kaharingan sudah memilki konsep dan program pemberdayaan umat.

“Secara khusus, gelaran FTIK ini adalah untuk menjaring peserta yang akan mewakili Palangka Raya pada FTIK tingkat Provinsi Kalteng di Kota Palangka Raya. Semoga Palangka Raya dapat mempertahankan kembali juara umum seperti tahun-tahun sebelumnya,”harap dia.

Selebihnya Parada mengungkapkan, agar kedepan segala kekurangan dari pelaksanaan PTIK tersebut dapat terus dibenahi seraya diharapkan dukungan dan perhatian pemerintah terhadap pelaksanaan kegiatan PTIK secara berkesinambungan.

Adapun ketua panitia seleksi FTIK Kota Palangka Raya, Juliadie menjelaskan, kegiatan keagamaan umat Hindu Kaharingan itu diikuti peserta dari semua kecamatan yang ada di Kota Palangka Raya, dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai  245 orang

“Kegiatan digelar dari  6-8 Desember 2019,  akan memperlombakan beberapa cabang lomba seperti Kandayu, Karungut, Menandak, Pembacaan Kitab Suci Panaturan dan cerdas cermas,”sebutnya.

Acara pembukaan PTIK ini turut dihadiri sejumlah kepala OPD dan Forkopinda lingkup Pemerintah Kota Palangka Raya, serta lingkup Pemerintah Provinsi Kalteng. Tampak hadir pula sejumlah tokoh Kaharingan dan para undangan lainnya. ( MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*