INFO
Forum Bela Negara Kota Palangka Raya Telah Terbentuk

Forum Bela Negara Kota Palangka Raya Telah Terbentuk

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Sebagaimana daerah lainnya, maka Forum Bela Negara Republik Indonesia (FBN RI) Kota Palangka Raya mulai tersusun dan dibentuk kepengurusannya.

Pembentukan FBN ini diinisasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Selasa (19/2/2019), Kesbangpol kota mengundang sejumlah pihak, mulai dari instansi terkait, tokoh adat, tokoh agama,  tokoh pemuda, jurnalis, pihak TNI maupun pihak kepolisian yang ada di Kota Palangka Raya, guna membentuk FBN tersebut.

Kepala Kesbangpol Kota Palangka  Raya Januminro mengatakan, secara terpusat FBN ini merupakan program yang sejak lama digagas oleh pihak Kementrian Pertahanan (Kemenhan) RI dimana dalam menjalankan programnya bekerjasama  dengan pemerintah daerah.

Tujuan  dibentuknya FBN RI ini adalah sebagai bentuk menciptakan ketahanan nasional  yang kokoh dan dinamis guna mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bersatu, berdaulat adil dan makmur.

“Kehadiran FBN RI Kota Palangka Raya diharapkan dapat merangkul semua komponen menumbuhkan semangat bela negara , patriotisme dan nasionalisme yang dilandasi dengan Pancasila dan UUD 1945,”ujar Januminro.

Saat ini tambah dia, untuk pengurus inti FBN RI Kota Palangka Raya  sudah terbentuk  dengan Ketua terpilih Mambang I Tubil yang merupakan tokoh adat Kota Palangka Raya.

“Nantinya SK kepengurusan akan  ditandatangani Walikota Palangka Raya, kemudian selanjutnya hasil terbentuknya  kepengurusan ini akan kita sampaikan ke FBN Provinsi Kalteng dan Kemenhan RI,”sebutnya.

Ditempat yang sama Pejabat Pelaksana Tugas Pokok (PTP) Kemenhan Wilayah Kalteng, Kolonel Inf Hartono mengatakan program FBN dari Kemenhan RI tersebut bertujuan untuk memberdayakan segenap komponen masyarakat yang menjadi  kekuatan bangsa.

“FBN adalah untuk membangun semangat bela negara dan membantu mengatasi segala persoalan yang mengancam integritas dan identitas nasional,”tegasnya.

Selain itu kata Hartono FBN menjadi wadah membangun sinergitas dan kemitraan antar semua komponen bersama dengan seluruh aparat, baik TNI dan Polri, serta pemerintah daerah dalam menjaga kedaulatan.

“Termasuk FBN RI di Kota Palangka Raya didorong merekrut semua komponen untuk  menjadi kader bela negara yang mampu menyebarkan semangat kesadaran bela negara,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*