INFO
Gebyar Kecapi dan Karungut

Gebyar Kecapi dan Karungut

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Gebyar Kecapi dan Karungut, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota Palangka Raya dan Hari Jadi Kota Palangka Raya, di Tugu Soekarno Jalan S.Parman, Rabu (17/7/2019), berlangsung semarak.
 
Kadis Pendidikan Kota Palangka Raya, Sahdin Hasan sebagai ketua panitia Gebyar Kecapi dan Karungut  dalam laporannya menyampaikan yang hadir dalam kegiatan itu sebanyak 169 siswa/i Sekolah Dasar se-Kota Palangka Raya, dan didampingi 35 orang guru dan kepala sekolah.
 
Adapun yang melatarbelakangi diadakannya kegiatan ini selain menyemarakkan HUT Pemerintah Kota dan Hari Jadi Kota Palangka Raya adalah langkanya orang yang bisa memainkan kecapi (alat musik petik tradisional suku dayak) dan karungut (nyanyian), sehingga diharapkan dengan kegiatan ini  mampu membangkitkan kecintaan siswa siswi terhadap budaya khususnya alat musik dan nyanyian tradisional.
 
Diharapkan juga karungut dan kecapi dapat menjadi media pengembangan karakter siswa”, ungkap Sahdin.
 
Wakil Walikota Palangka Raya, Hj. Umi Mastikah pada saat membuka kegiatan Gebyar Kecapi dan Karungut menyampaikan, “Karungut adalah sebuah kesenian tradisional dari Kalteng, seni ini sastra lisan atau pantun yang dilagukan. Pelantun karungut mengisahkan syair-syair kebajikan dengan meramu nasehat, teguran dan peringatan kehidupan sehari-hari”.
 
Pemko Palangka Raya mengapresiasi dengan kegiatan Karungut dan kecapi ini, yang dapat memotivasi anak didik kita melestarikan budaya Kalteng. (MC. Isen Mulang/Bambang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*