INFO
Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Gelar Pemilu Run

Genjot Partisipasi Pemilih, KPU Gelar Pemilu Run

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng bersama dengan KPU Kota Palangka Raya, Minggu (7/4/2019) pagi, menggelar kegiatan dengan tajuk ‘Pemilu Run’ 2019.

Pemilu Run yang diimplementasikan melalui olahraga lomba lari tersebut, merupakan upaya KPU mendorong partisipasi masyarakat melalui gerakan sadar pemilu dengan jargon, ‘pemilih berdaulat negara kuat’.

Pelaksanaan pemilu run itu sendiri mengambil titik kumpul di Bundaran Besar Palangka Raya, sejak pukul 05.30 Wib, yang bertepatan dengan rutinitas masyarakat setiap Minggu pagi yakni car free day.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim serta Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Qoiriyah maupun anggota komisioner KPU lainnya,  baik  provinsi maupun kota  hadir mengikuti gelaran pemilu run itu.

Turut hadir secara langsung Wakil Walikota Palangka Raya, Hj Umi Mastikah, serta sejumlah pejabat perwakilan Pemerintah Provinsi Kalteng. Selain itu hadir pula para komisioner Bawaslu Kalteng dan Bawaslu Kota Palangka Raya maupun  jajaran TNI/Polri.

“Gelaran  pemilu run ini merupakan program  KPU yang digelar serentak di seluruh Indonesia pada hari ini,” ungkap Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim, disela acara tersebut.

Menurutnya, gelaran pemilu run bertujuan agar KPU terus melakukan sosialisasi secara masif tentang kepemiluan, sekaligus mengajak masyarakat ikut berpartisipasi menyalurkan hak pilihnya.

“Kita mengajak seluruh masyarakat di Kalteng pada umumnya dapat datang ke TPS  pada pemilu 17 April 2019 untuk memberikan hak suaranya. Kami berharap target partisipasi pemilih pada pemilu kali ini mampu mencapai 77,5 persen,” sebutnya.

Senada dengan itu Ketua KPU Kota Palangka Raya Ngismatul Qoiriyah, mengungkapkan, jika gelaran pemilu run ini diharapkan dapat lebih membangun kesadaran masyarakat betapa pentingnya pemilu, terutama dalam memberikan  hak politik selaku warga negara Indonesia.

“Diharapkan kesadaran serta partisipasi masyarakat pada pemilu kali ini benar-benar tinggi,” ucapnya singkat.

Adapun dalam pelaksanaan pemilu run itu sendiri, pihak KPU memberikan baju kaos gratis kepada seribu lebih peserta, serta menyediakan  door prize utama berupa satu unit kendaraan roda dua dan puluhan door prize  lainnya,

Sementara itu, untuk  pelaksanaan lomba lari (Pemilu Run), KPU juga mempersembahkan  hadiah-hadiah bagi peserta pemenang lomba dengan rute yang sudah ditentukan, yaitu sejauh 5 Kilometer.

Baiknya dalam kesempatan itu, dimanfaatkan juga oleh para komisioner KPU untuk mensosialisasikan kepemiluan kepada peserta pemilu run, maupun masyarakat Kota Palangka Raya yang saat itu memanfaatkan moment car free day. (MC. Isen Mulang.1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*