INFO
GENRE  Jadi  Wadah Informasi dan Konseling

GENRE Jadi Wadah Informasi dan Konseling

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng,  menggelar kegiatan pemilihan duta generasi berencana (GENRE), yang nantinya akan membatu BKKBN dalam mensosialisasikan kepada generasi muda tentang pentingnya kesehatan reproduksi dan usia dini.

Acara yang dilaksanakan di Hotel Neo Palangka Raya tersebut, dilaksanakan selama tiga hari terhitung sejak tanggal 3-6 mei, dengan peserta dari perwakilan 13 kabupaten dan 1 kota.

Sekretaris BKKBN Kalteng, Stiawati mengatakan, permasalahan remaja saat ini begitu kompleks, pergaulan bebas, narkoba, penyakit menular, seksual, pernikahan dini, dan berbagai masalah lainnya yang mengancam  kehidupan remaja Indonesia. 

Bahkan mengacu data UNFPA bahwa 18%  penduduk dunia adalah remaja, dan 88% lainnya tinggal dinegara berkembang. Bahkan 2000 anak dibawah usia 18 tahun melahirkan dinegara berkembang.

“Dalam rangka mencegah hal-hal tersebut, maka BKKBN mengembangkan program GenRe sebagai bentuk memerangi permasalahan remaja tersebut,” papar Stiawati, saat membuka kegiatan pemilihan duta GENRE tersebut, Kamis (3/5/2018) sore.

Ditambahkan , Stiawati, GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa dikalangan generasi muda, bahkan program ini juga bisa sebagai wadah pengembangan karakter bangsa, karena akan menjauhkan generasi dari pernikahan dini, sex pranikah dan NAPZA (Narkoba, Psikotropika dan Zat Adiktif).

“Program ini mengutamakan, materi kesehatan reproduksi, life skill, pendewasaan usia perkawinan, serta kependudukan dan pendewasaan keluarga. Maka dari itu program ini masuk dalam kategori bimbingan koseling,” pungkasnya. (MC. Isen Mulang.1/Foto.Ist)

 
 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*