INFO

Gerakan Sadar Wisata Dipusatkan di Kereng Bangkirai

MEDIA CENTER, Palangka Raya – Suasana Kamis (27/4/2017) pagi di lokasi wisata Kereng Bangkirai, Kota Palangka Rata tidak seperti biasanya. Suasananya cukup ramai.

Ada banyak pejabat dari Kota Palangka Raya, provinsi, dan Kementerian Pariwisata kumpul di dermaga Kereng Bangkirai sambil membawa plastik dan sapu.

Ternyata para pejabat publik ini bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih dilokasi objek wisata Kereng Bangkira. Tak ketinggalan Walikota Palangka Raya HM Riban Satia bersama Wakilnya Mofit Saptono Subagio juga ikut memungut sampah.

Rupanya aksi bersih-bersih ini dilakukan dalam rangka ‘Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona’ yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata.

Dalam aksi ini hadir pula Anggota DPR RI perwakilan Kalimantan Tengah Asdi Narang, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, dan Kabid Internalisasi Sadar Wisata pada Kementerian Pariwisata, Romi Astuti.

Dalam aksi bersih-bersih tersebut juga melibatkan warga sekitar. Mereka dibekali dengan sapu, plastik, dan garuk. Sampah yang dipungut lalu dimasukan ke dalam plastik sesuai jenis sampahnya.

Waktu yang diberikan oleh panitia hanya 15 menit untuk mengumpulkan sampah. Bagi kelompok yang mendapatkan sampah paling banyak akan dinilai dan diberikan hadiah.

Romi Astuti menjelaskan dipilihnya lokasi Kereng Bangkirai menjadi pusat gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona, dengan pertimbangan karena objek wisata ini merupakan salah satu destinasi prioritas yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya maupun Provinsi Kalimantan Tengah yang lokasinya sebagai pintu gerbang menuju Taman Nasional Sabangau.

Pertimbangan lain yakni untuk mendukung program pemerintah pusat yang menginginkan ada Bali-Bali lain di Indonesia kata Romi Astuti dari Kementerian Pariwisata.

“Kita ingin ada Bali-Bali lain diseluruh nusantara, makanya fokus pengembangan pariwisata tidak hanya fokus di Bali saja, tapi saat ini sudah beralih ke provinsi lain dan salah satunya di Kalimantan Tengah ini,” tuturnya.

Sementara itu Anggota DPR RI Asdi Narang mengharapkan setelah adanya aksi gerakan sadar wisata tersebut ada program konkrit dari pemerintah pusat.

Asdi Narang selaku anggota DPR RI akan segera koordinasi dengan Kementerian Pariwisata untuk menanyakan program apa yang bisa dikerjakan untuk memoles objek wisata Kereng Bangkirai ini. (MC. Isen Mulang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*